Usaha Ikan Lele Rumahan No ratings yet.

Dengan kondisi lingkungan di pedesaan, rata–rata masyarakat mempunyai lahan pekarangan rumah yang cukup luas dan belum dimanfaatkan dengan baik. Budidaya lele ini juga sangat cocok bagi masyarakat yang berada di wilayah perkotaan yang memiliki lahan sangat terbatas. Dari kondisi tersebut, dapat jadi solusi sehingga lahan pekarangan di samping rumah yang tidak terpakai dapat lebih bermanfaat sehingga lebih bernilai ekonomis. Oleh karena itu lahan tersebut dapat dimanfaatkan menjadi usaha ikan lele rumahan. Budidaya lele dapat dilakukan dengan cara yang lebih murah dan sehat dengan penggunaan bahan – bahan organik. Pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai lahan produktif ketika dikelola secara serius dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi keluarga.


usaha ikan lele rumahan

Kolam di area pekarangan sebaiknya menggunakan terpal dan bukan kolam permanen. Kolam terpal selain harganya relatif murah juga dapat dibangun di lahan yang terbatas sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Ukuran kolam untuk pemijahan dan pembesaran relatif sama. Untuk membantu saat pembenihan lele dapat menggunakan aerator. Aerator berfungsi untuk meningkatkan oksigen dalam air sehingga dapat meningkatkan nafsu makan benih lele. Ketika benih lele telah berumur sekitar satu bulan maka siap untuk disortir dan dipindahkan ke kolam pembesaran. Kolam pembesaran tidak memerlukan aerator karena benih lele yang berumur lebih dari satu bulan sudah mampu bertahan dengan baik tanpa bantuan aerator. Kolam pembesaran tersebut perlu dijaga kebersihannya agar ikan lele dapat tumbuh dengan optimal.

usaha ikan lele rumahan

Pemberian pakan dapat dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit tiga kali sehari. Pakan pelet diberikan pada pagi dan sore hari serta ditebar secara merata agar seluruh ikan lele memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan makanan. Bila ingin memberikan pakan tambahan seperti keong mas, dedak, belatung dapat dilakukan pada siang hari. Pemberian pakan jangan terlalu banyak karena lele dapat mati akibat kekenyangan.

Usaha ikan lele rumahan akan merubah lahan pekarangan yang tidak terpakai menjadi produktif. Hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian lokal masyarakat setempat dengan membangun sistem kemitraan. Sistem ini berjalan dengan cara pemberian modal serta pelatihan dalam budidaya lele.

Demikian ulasan singkat mengenai usaha ikan lele rumahan, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

cara budidaya lele di buis beton

Budidaya Lele Di Buis Beton

Budidaya lele di buis beton cukup banyak digemari di kalangan para pembudidaya ikan. Apalagi lele …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!