Ukuran Kolam Pendederan Lele

Halo sobat Sangkuti, kali ini akan membahas tentang ukuran kolam pendederan lele yang ideal. Sebelum itu perlu diketahui pengertian dari pendederan adalah kegiatan pemeliharaan benih siap tebar dari larva hingga ukuran tertentu. Menurut SNI 6484.2:2014, pendederan terbagi menjadi empat yaitu pendederan I menghasilkan benih ukuran 1 – 3 cm dengan bobot 0,1 – 0,25 gram, pendederan II menghasilkan benih ukuran 3 – 5 cm dengan bobot 0,25 – 2,5 gram, pendederan III menghasilkan benih ukuran 5 – 7 cm dengan bobot 2,5 – 5 gram, pendederan IV menghasilkan benih ukuran 7 – 9 cm dengan bobot 5 – 7 gram.

ukuran kolam pendederan lele
ukuran kolam pendederan lele

Kolam yang digunakan dalam pendederan lele sangkuriang di Sangkuti Farm ialah kolam terpal. Kolam terpal dengan fondasi beton terdapat dua ukuran yaitu 2 x 4 x 0,5 m dan 3 x 4 x 0,5 m.  Kolam terpal ukuran 2 x 4 x 0,5 m sebanyak tujuh kolam dan 3 x 4 x 0,5 m sebanyak tiga kolam. Kedalaman air yang digunakan untuk pendederan lele yaitu 30 – 40 cm.

Penentuan ukuran kolam yang akan digunakan berdasarkan lokasi dan kebutuhan produksi. Apabila lokasi yang digunakan memiliki lahan yang luas dengan dataran rendah, kolam tanah menjadi pilihan yang dapat sahabat pilih karena kolam tanah banyak mengandung mikroorganisme yang dapat digunakan sebagai pakan alami benih lele dan hemat air. Namun dalam pengaplikasiannya banyak kekurangannya yaitu rentan terkena penyakit, pengelolaan air yang sulit dan membutuhkan perawatan ekstra (pemupukan dan pengapuran). Sehingga saat ini banyak sekali yang lebih tertarik untuk melakukan pendederan di kolam terpal.

ukuran kolam pendederan lele
ukuran kolam pendederan lele

Kolam terpal memiliki banyak sekali keunggulan dari penggunaannya yang murah, dapat diaplikasikan di lahan yang sempit, aman dari hama dan penyakit, air tidak mudah keruh, pengelolaan air mudah, proses sortir dan panen mudah, dan tingkat kelangsungan hidup ikan lebih tinggi dibandingkan dengan kolam tanah.

Ukuran kolam yang digunakan menyesuaikan kapasitas atau padat tebar ikan di dalam kolam. Sangkuti Farm dalam pendederan menggunakan kolam 2 x 4 x 0,5 m dengan ukuran lele 5 – 6 cm menebar 5000 ekor dan ukuran lele 7 – 8 cm menebar 3000 ekor. Sedangkan kolam dengan ukuran 3 x 4 x 0,5 m menebar ikan lele 5 – 6 cm sebanyak 7000 ekor dan 7 – 8 cm sebanyak 5000 ekor.

Menurut SNI 6484.2:2014 padat tebar ikan lele ada kaitannya dengan jenis kolam. Pendederan I dengan kolam terpal dan tanah dapat menebar benih 2000 – 2500 ekor/m2. Pendederan II dengan kolam terpal dan tanah dapat menebar benih 1000 – 1500 ekor/m2. Pendederan III dan IV dengan kolam terpal dan tanah masing-masing dapat menebar benih 500 – 1000 ekor/m2 dan 300 – 500 ekor/m2.

Jadi, sobat Sangkuti mau menggunakan kolam yang mana nih? Kalau lahan kalian sempit, kolam terpal solusinya. Ukuran kolam yang ideal menyesuaikan padat tebar ya. Sekian artikel mengenai ukuran kolam pendederan lele yang ideal smoga bisa bermanfaat yah

See u next content!

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Manajemen Air Kolam Terpal Lele

Halo sahabat sangkuti kali ini kami ingin membahas tentang manajemen air, kami tidak bosan-bosan untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍