Tips Memilih Benih Lele Berkualitas No ratings yet.

Kali ini kami ingin membahas Tips Memilih Benih Lele Berkualitas. Mengenali dan memilih benih lele yang berkualitas baik adalah langkah awal yang bagus bila Anda ingin  memulai budidaya pembesaran lele sangkuriang. Apapun teknik yang diaplikasikan, pakan yang diberikan, kolam yang disediakan, tak akan mewujudkan hasil yang optimal bila benih yang dipakai kurang memenuhi persyaratan.


Pada saat memilih benih Lele Sangkuriang, pilih benih yang mempunyai pergerakan yang lincah, lele dapat berenang dengan aktif dan amat responsive. Permukaan badan/kulitnya seharusnya mulus dan sewarna (seragam). Benih semestinya sanggup bergerak melawan arus yang lembut, caranya dengan memiringkan wadah benih ikan lele secara perlahan, pada umumnya atau sebahagian besar benih bergerak melawan arus yang tercipta maka dapat disimpulkan benih tersebut dalam keadaan baik. Sebaliknya sebagian besar benih ikan lele langsung terbawa arus maka sebaiknya benih tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

Tips Memilih Benih Lele Berkualitas

Kondisi kulit dan tubuh benih harus prima dan tak boleh ada cacat. Semakin sempurna bagian-bagian tubuh benih lele maka kian bagus. Jangan membeli bibit lele sangkuriang yang cacat atau ada bagian dari tubuh yang tak prima sebab akan mendatangkan kerugian di kemudian hari.

Layaknya ikan lainnya, dalam memilih benih ikan lele, Anda sepatutnya memilih yang seragam. Artinya, seragam ukuran benihnya. Sebab bila Anda memilih benih ikan lele yang tidak seragam, risiko terjadi kanibal benar-benar tinggi. Ikan lele yang lebih besar biasanya menyenangi memangsa ikan lele yang lebih kecil. Kalau itu sampai terjadi, jumlah ikan lele yang dibudidayakan akan semakin berkurang.

Indukan selalu menjadi faktor yang berpengaruh dalam pemilihan benih hewan jenis apapun. Kalau benih ikan lele berasal dari indukan yang unggul, maka sudah pasti benihnya pun mewarisi sifat genetik induknya.

Pilihlah bibit ikan lele yang asalnya bukan dari perkawinan inbreeding atau tingkat kekerabatan yang tinggi. Semakin jauh tingkat kekerabatannya, maka akan semakin bagus kualitas benihnya. Ikan lele variasi Sangkuriang telah pasti lebih bagus dari ikan lele lokal karena dilihat dari riwayat pemijahannya. Dan hasil panennya pun pasti jauh lebih total diperbandingkan ikan lele lokal.

 

Sekian artikel mengenai Tips Memilih Benih Lele Berkualitas

Smoga bermanfaat

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!