Ternak Lele Dirumah, Wadahnya?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin akan berbagi tips tentang ternak lele dirumah. Yuk kita bahas bersama sahabat sangkuti. Lele merupakan salah satu ikan air tawar yang populer dikalangan masyarakat selain daging yang gurih ikan lele sendiri memiliki harga yang ekonomis dipasaran. Selain itu kenapa ikan lele menjadi pilihan masyarakat untuk dipelihara dirumah salah satunya ikan lele memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat, sehingga masyarakat yang ingin mencoba memelihara ikan alangkah lebih baiknya memelihara ikan lele sebagai pelajaran pertama.

ternak lele dirumah

Selain itu ikan lele juga cukup tahan dengan berbagai serangan penyakit hal ini karena ikan lele memiliki system kekebalan tubuh yang baik. System kekebalan tubuh yang baik disebabkan oleh tubuh ikan lele dilindungi lendir pada bagian tubuhnya. Ikan lele juga mengapa dapat bertahan hidup dengan baik yaitu karena memiliki alat pernapasan tambahan yang biasa disebut arborecent. Fungsi dariĀ  alat pernapasan tambahan atau arborecent pada kondisi minim air maka ketersedian oksigen menipis maka dari itu ikan lele akan menggunakan alat pernapasan tambahan untuk bertahan hidup.

Tren memelihara ikan lele dirumah saat ini cukup diminati masyarakat selain untuk belajar terkadang masyarakat juga melakukan hal tersebut untuk kesenangan. Dalam memelihara ikan lele dirumah biasanya dilakukan dalam tiga wadah yaitu ember, drum, dan kolam terpal kecil.

  • Ternak lele menggunakan drum plastic

Hal yang perlu dilakukan pengecekan bahan drum plastic harus kuat dan tidak mudah pecah. Jika drum yang dipakai menggunakan drum bekas perlu dilakukan pengecekan secara mendetail. Pengecekan mendetail dilakukan dengan mengetahui penggunaan drum bekas apa sebelumnya jika drum bekas sebelumnya digunakan untuk penampungan pakan ternak maka drum tersebut masih layak

  • Ternak lele menggunakan kolam terpal mini

Ukuran terpal yang digunakan untuk memelihara ikan lele dirumah adalah sekitar 1x1x0,5 m. Harga rata-rata dari pembelian paket kolam terpal tersebut berkisar 300 ribu sama 400 ribu. Pemilihan kolam terpal perlu diperhatikan jangan sampai retak atau bocor bahkan robek. Jika ada kerusakan pada terpal yang digunakan maka perlu dilakukan penambalan terpal dengan menggunakan semen.

  • Ternak lele menggunakan ember

Cara memelihara ikan lele di ember yang pertama perlu kita perhatikan adalah pemilihan kualitas ember yang akan digunakan. Pemilihan kualitas ember yang digunakan sebaiknya yang kualitas baik atau tidak mudah pecah. Kemudian perhatikan bercak pada ember yang sedang dipilih, bercak putih pada ember menandakan ember mengalami pemanasan berlebih, sehingga dikhawatirkan terdapat senyawa kimia yang terurai dan tercampur dengan air untuk memelihara ikan lele.

Dalam memelihara ikan lele dirumah ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan lele. Beberapa faktor tersebut diantaranya:

  • Frekuensi penyinaran matahari

Sinar matahari berfungsi dalam system imunitas dan meningkatkan kekebalan tubuh ikan lele, sehingga dalam memelihara ikan lele dipastikan kolam terkena sinar matahari.

  • Pompa atau system filter air

Fungsi dari system filter air adalah untuk menjaga kadar oksigen yang terdapat pada wadah pemeliharaan. Kadar oksigen sendiri dibutuhkan untuk bernafas bagi ikan lele sehingga sebaiknya pembuatan system filter air ini sangat penting dalam memelihara ikan lele dirumah.

  • Relativitas air dan pakan

Pemberian pakan perlu dilakukan pergantian antara pakan buatan dan pakan alami hal ini untuk menjaga pertumbuhan ikan lele, kemudian pergantian air juga dilakukan untuk menjaga kualitas lingkungan ikan lele tetap dalam keadaan nyaman.

Wah bagaimana sahabat sangkuti terkait artikel ternak lele dirumah ini. Semoga sahabat sangkuti semakin tertarik dengan pengetahuan ini. Semoga bermanfaat sahabat sangkuti. Terimakasih!

Baca Juga: Harga Maggot Kering, Kisaran?

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Bibit Ikan Gurame, Langkah Budidayanya?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍