Syarat Keberhasilan Usaha Pembenihan Ikan Lele

Kali ini kami ingin membahas Syarat Keberhasilan Usaha Pembenihan Ikan Lele . Syarat Keberhasilan Usaha Pembenihan Ikan Lele adalah kondisi unit pembibitan yang memenuhi kelayakan bioteknis yang meliputi lokasi, sumber air, tenaga kerja dan kelayakan fasilitas. Unsur tersebut adalah prasyarat penting untuk menjamin kelancaran manajemen operasional serta menghindari risiko kegagalan dalam usaha pembibitan.

 

Syarat Keberhasilan Usaha Pembenihan Ikan Lele

 
  • Lokasi
    Lokasi untuk unit usaha pembibitan ikan, sebaiknya berada di daerah yang terbebas dari banjir, abrasi daerah pantai serta terhindar dari cemaran limbah industri, pertanian, pertambangan dan pemukiman. Kelayakan lokasi ini bertujuan untuk menghindari risiko kerugian dan kegagalan operasional suatu unit pembibitan dampak adanya kontaminasi polusi dari lingkungan sekitar. Pembibitan ikan sebaiknya tak berlokasi dekat dengan wilayah budidaya. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko terjadinya infeksi penyakit pada induk dan bibit di unit pembibitan bila di wilayah budidaya tersebut terjadi wabah penyakit ikan. Bagi unit pembibitan yang berdekatan dengan wilayah budidaya wajib mempunyai sarana pengolahan dan sterilisasi air. Untuk lebih menjamin kelancaran kegiatan operasional, karenanya lokasi unit pembibitan ikan wajib berada di tempat yang mudah dijangkau serta tersedia sarana dan prasarana penunjang seperti jaringan listrik, sarana komunikasi dan transportasi yang memadai.

  • Sumber Air
    Prasyarat air yang digunakan dalam proses produksi bibit harus layak dan sesuai dengan kebutuhan hidup dan pertumbuhan ikan yang dipelihara. Mutu dan ketersediaan sumber air akan berimbas langsung terhadap kualitas bibit ikan dan keberlangsungan usaha pembibitan. Sumber air yang digunakan untuk proses produksi bibit ikan harus tersedia sepanjang tahun serta bebas cemaran mikroorganisme patogen, bahan organik dan bahan kimia. Bagi unit pembibitan yang memperoleh air dari sumber air yang keruh, maka unit pembenihan tersebut harus memiliki sarana filtrasi atau pengendapan air.
  • Tenaga Kerja
    Untuk menjamin keberhasilan usaha pembibitan ikan lele maka wajib mempunyai tenaga kerja yang kompeten, berdedikasi tinggi serta serta sesuai keperluan. Pengalokasian tenaga kerja wajib disesuaikan dengan pembagian kegiatan dalam unit pembibitan tersebut.
  • Kelayakan Fasilitas
    Fasilitas suatu unit pembibitan ikan menjadi elemen yang cukup penting dalam pengaplikasian CPIB, sebab kelayakan fasilitas akan mempengaruhi operasional unit pembibitan secara maksimal. Kelayakan fasilitas tersebut yakni kesesuaian ketersediaan fasilitas atau sarana pembibitan  yang meliputi jumlah, kondisi dan kemampuan.
  • Mesin dan Peralatan kerja
    Kelayakan fasilitas mesin atau peralatan kerja yang ada di unit pembibitan ikan lele, merupakan suatu keharusan dalam rangka menyokong keberhasilan operasional unit pembibitan.
  • Sarana Biosecurity
    Kelayakan sarana biosecurity adalah keharusan dalam penerapan CPIB di unit pembibitan ikan, terutama untuk menyokong proses produksi bibit bermutu di unit pembibitan tersebut.

Sekian artikel mengeai Syarat Keberhasilan Usaha Pembenihan Ikan Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Sistem Polikultur

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas Budidaya Ikan Sistem Polikultur. Pada awal perkembangannya, metode budidaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!