Sortir Ikan Lele No ratings yet.

Sortir ikan lele ialah proses untuk menyeragamkan ukuran lele dengan metode memisahkan lele sesuai ukurannya (memisahkan lele kecil dan lele besar). Lele perlu dipisahkan agar tak terjadi kanibalisme. Biasanya lele besar akan memakan lele yang lebih kecil khususnya ketika mereka kelaparan atau ada lele yang lemah atau sakit.


sortir ikan lele

Perilaku kanibal paling sering terjadi ketika tengah malam atau menjelang pagi. Pada waktu itu umumnya lele sedang aktif dan jumlah makanan menipis atau kurang sehingga lele yang besar (kuat) akan memakan lele yang kecil atau lemah.

sortir ikan lele

Ada beberapa hal yang menyebabkan ukuran lele tidak seragam, antara lain:

Faktor Genetik. Walaupun benih lele berasal dari induk yang sama tetapi biasanya telur lele tidak menetas secara bersamaan. Perbedaan menetas hanya sehari atau dua hari akan mempengaruhi masa pertumbuhan khususnya pada saat masih larva.
Faktor Pakan. Faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan lele biasanya pada saat perebutan makanan ada lele yang kalah berkompetisi sehingga jatah makanan yang dikonsumsi lebih sedikit artinya nutrisi yang dimasukkan dalam tubuh juga lebih sedikit dan akhirnya akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan.

Proses Sortir
Pastikan lele yang akan disortir dalam keadaan sehat, sehari sebelum waktu penyortiran lele dipuasakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari lele menjadi sakit, memuntahkan pakan dan menghindari tubuh lele yang lecet imbas tergesek bak sortir.

Siapkan kolam yang akan digunakan untuk menyortir usahakan tidak jauh dari kolam utama lele, kemudian isi kolam dengan air dengan ketinggian kurang lebih 30 hingga 40 cm. Usahakan suhu air kolam dan suhu air kolam sortir tidak memiliki perbedaan yang jauh dan lakukan penyesuaian pH air agar lele tidak setress.

Siapkan bak sortir dengan 3 ukuran. Kurangi air di dalam kolam supaya mempermudah dalam pengambilan lele. Serok lele menggunakan serokan yang telah disiapkan kemudian tempatkan pada ember. Masukkan lele ke dalam bak sortir yang telah disiapkan pada ukuran yang kecil dulu. Masukkan setengah bagian ke dalam kolam kemudian biarkan lele yang ukurannya kecil keluar dari lubang bak sortir.

Setelah lele kecil keluar pindahkan ke kolam sortir kedua, lele yang berada di bak sortir pertama dipindahkan ke bak sortir yang kedua kemudian celupkan bak sortir ke kolam hingga lele kecil keluar. Setelah selesai pindahkan ke kolam ketiga.

Sesudah sortir selesai masukkan lele pada kolam yang telah disiapkan sesuai dengan ukuran sortir menjadi 3 kolam.

Demikian ulasan singkat mengenai sortir ikan lele semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!