Rangka Kolam Terpal,Apa Saja Bahan Digunakan?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru, salah satunya mengenai apa saja rangka kolam terpal. Kolam terpal merupakan salah satu alternatif budidaya ikan karena kolam terpal ini mudah dibuat dan praktis serta bahan-bahan yang didapat. Penggunaan kolam terpal juga dilakukan untuk pembudidaya ikan pemula karena biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan kolam terpal ini tidak terlalu tinggi. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam terpal diantaranya bambu, pipa, semen, batu bata, pasir, dan terpal.

rangka kolam terpal

Keunggulan kolam terpal diantaranya:

  • Pembuatan sederhana

Pembuatan kolam dibuat dengan cara yang sederhana dan lebih mudah Ketika pembuatan dilakukan pada lahan berpasir.

  • Biaya pembuatan kolam relative murah atau lebih terjangkau

Biaya pembuatan kolam terpal dari kalangan pembudidaya dikatakan ekonomis atau cukup murah jika dibandingkan dengan pembuatan kolam terpal beton. Hal ini dapat membantu pembudidaya dalam mengefisienkan biaya pembangunan kolam dan membantu bagi pembudidaya yang memiliki modal usaha terbatas

  • Daya tahan kolam yang cukup tinggi

Daya tahan kolam dilihat dari kita bagaimana cara melakukan perawatan salah satu hal yang dilakukan dengan menutupi setiap bagian ujung kolam dengan rumput, karena terpal mudah rusak bila terkena sinar matahari secara langsung. Terpal ditutupi dengan rumput memiliki daya tahan mencapai 4 tahun sedangkan terpal yang terkena sinar matahari secara langsung memiliki daya tahan mencapai 2 tahun.

  • Memudahkan proses perawatan kolam

Proses perawatan kolam yang dimaksud adalah pembersihan kolam atau pergantian air dalam pemeliharaan ikan. Kolam terpal dapat mengurangi kebocoran air yang biasa terjadi pada kolam tanah, mudah dibongkar pasang, dan masa pengeringan kolam terjadi lebih cepat.

Rangka kolam terpal dijadikan sebagai salah satu hal penting karena rangka kolam berfungsi sebagai penyangga terpal sehingga diharuskan rangka kolam terpal kokoh agar dapat kuat menahan beban kolam terpal. Bentuk rangka kolam terpal juga harus dibentuk dengan baik karena rangka kolam terpal juga menjadi penentu bentuk kolam untuk pemeliharaan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kolam terpal biasanya bambu, besi, dan pipa PVC.

  • Rangka kolam dari bahan bambu
rangka kolam terpal

Beberapa keunggulan dari penggunaan bambu sebagai bahan rangka kolam diantaranya harga terjangkau dan ekonomis, bambu memiliki sifat yang elastis serta bahan bambu dalam pembuatan rangka kolam terpal cukup mudah dibentuk. Dari beberapa kelebihan tersebut bahan bambu memiliki beberapa kekurangan yaitu memiliki durabilitas rendah, sambungan rangka kolam dari bambu cenderung lemah, serta bahan bambu ini mudah terbakar.

  • Rangka kolam dari bahan besi

Beberapa kelebihan dari bahan besi untuk pembuatan rangka kolam diantaranya besi memiliki struktur bahan yang kokoh, memiliki kekuatan menahan air kolam yang tinggi, bahan besi lebih awet daya tahan bahan yang tinggi, besi memiliki kekuatan bentuk benda yang lebih fleksibel (biasa dibentuk seperti balok, plat, kotak dan lain sebagainya), dan biaya perawatan yang rendah karena besi bukan merupakan bahan yang mudah rusak. Terdapat beberapa kekurangan dari bahan besi sebagai rangka terpal kolam diantaranya pengerjaan pembuatan rangka cukup lama, daya kuat elastisitas cukup rendah sehingga dibutuhkan alat tambahan dalam membentuk besi, dan biaya pembuatan cukup mahal.

  • Rangka kolam dari pipa PVC

Beberapa kelebihan penggunaan bahan pipa PVC untuk rangka kolam diantaranya pemasangan bahan mudah, tahan terhadap bahan kimia, tidak terjadi perkaratan, biaya cukup ekonomis dalam pemasangan, pipa PVC juga memiliki kualitas bahan yang kokoh atau tidak mudah retak, cukup tahan terhadap gangguan cuaca. Beberapa kekurangan pipa PVC diantaranya cukup sensitive terkena terhadap sinar matahari dan bentuk kolam yang terbatas karena biasanya pipa PVC digunakan untuk rangka kolam terpal berbentuk kotak.

Waah bagaimana sahabat sangkuti terkait pengenalan bahan pembuatan rangka kolam terpal. Semoga informasi ini bermanfaat sahabat sangkuti!

Baca Juga: Cara Membuat Kandang Maggot Yang Baik

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Nila Modern Dengan Sistem RAS

Sistem RAS atau Recirulating Aquaculture System merupakan salah satu jenis teknologi yang mampu diaplikasikan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍