PH AIR UNTUK KOLAM IKAN LELE YANG BAIK

Dalam budidaya lele, kestabilan ph air adalah kunci utama sebagai parameter budidaya lele dikatakan baik. Pada budidaya lele kita harus menjaga level ph pada kolam di kisaran 7-8. Oleh karena itu ph air untuk kolam ikan lele yang baik berada di level air netral. Air dalam kondisi netral berada di level ph 7, artinya jika kondisi air dibawah 7 diartikan asam sedangkan level ph diatas 7 dikatakan basa. Jamur dan bakteri akan berkembang biak pada kondisi asam. Lele memiliki tingkat toleransi ph di kisaran ph 6-9, yang artinya lele lebih toleran di kondisi air basa ketimbang asam, kondisi air ideal pada lele di level 7-8. Jika kondisi air mengalami penurunan PH yang perlu kita lakukan adalah menaikan PH itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pemberian kapur pada kolam. Kapur yang dianjurkan adalah kapur dolomit. Dalam penggunaan kapur dolomit juga harus diperhatikan standar penggunaanya. Karena penggunaan kapur dolomit yang berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik juga, seperti tingkat nafsu makanan yang menurun.

 
ph air untuk kolam lele yang baik
ph air untuk kolam lele yang baik

Pada saat musim hujan, kita harus perhatikan tingkat PH dikolam. Karena air hujan cenderung ke asam dengan level PH 5-6. Hal yang dapat dilakukan pada musim hujan adalah dengan menutup atas kolam menggunakan plastik UV. Jika pembangunan penutup kolam dirasa cukup mahal, hal yang selanjutnya dapat dilakukan adalah membuat drainase overflow pada kolam. Hal ini bertujuan pada saat air hujan masuk ke dalam kolam akan langsung terbuang melalui pipa overflow. Tapi tetap harus dilakukan pengecekan ph pada saat hujan berhenti.

Selain itu sisa-sisa pakan dan kotoran juga dapat mengakibatkan PH air pada kolam menurun. Untuk itu diperlukan pembuangan sisa-sisa kotoran pada kolam. Pembangunan infrastruktur pada kolam perlu diperhatikan agar pembuangan dasar kolam dapat dilakukan secara mudah.

Berikut ciri-ciri kolam pada kondisi asam

  • Air menimbulkan busa dipermukaan
  • Terdapat bau tak sedap pada air kolam
  • terdapat material padat yang terlarut dan pekat (seperti lumut jerat)
  • kondisi benih ikan mulai menggantung berdiri tegak lurus (malas bergerak)
  • ikan tidak aktif
  • ikan berwarna pucat dan mengeluarkan lendir secara berlebihan
  • yagn akhirnya kematian pada ikan

Tingkatan kondisi lele terhadap level Ph air :

  1. PH 4 : ikan mati
  2. PH 5 : ikan tidak dapt berkembang biak
  3. PH 6 : pertumbuhan ikan menurun
  4. PH 7-8 : pertumbuhan ikan baik
  5. PH 9 : pertumbuhan ikan menurun
  6. PH 10 : tidak dapt berkembang biak
  7. PH 11 : ikan mati

PH TESTERMETER DIGITAL

ph air untuk kolam lele yang baik

PH Tester digunakan sebagai alat ukur air. Tester air kami adlah PH Meter Digital PH 009. dengan menggunakan alat tester ini anda akan lebih mudah dalam mengetahui berapa tingkat keasaman di kolam anda. Dengan mengutahui tingkat keasaman air di kolam anda, anda dapat lebih mudah mendeteksi apakah air di kolam anda baik atau tidak.

 

dalam budidaya ikan tingkat keasaman air sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya budidaya ikan. Oleh karena itu ph air sangat perlu diperhatikan dalam buidaya perikanan. Karena air merupakan habitat ikan. Sekali air dalam kolam tidak baik, kelangsunga hidupikan pun akan terganggu oleh karena itu, ph air setiap harinya harus di cek agar kita bisa terus pantau kelangsungan idup ikan yang ada di kolam kita.

PH air yang baik untuk budidaya ika adalah di tingkat level 6-7. Jika ph air di level itu berarti air dalam keadaan bagus. Tetapi jika air di dalam kolam dalam kondisi PH di level dibawah 6 maka air dalam kondisi asam. Asanm di suatu kolam yang terlalu tinggi mengakibatkan riskan ditumbuhi jamur dan bakteri. Oleh karena itu level air dibawah 6 sangat riskan dan dapat berakibat ikan merjangkit penyakit jamur atau bakteri. KAlau tidak cepat ditangani akan menyebabkan kematian.

Penurunan PH biasanya terjadi jika disuatu kondisi kolam terlalu banyak dimaski oleh air hujan. Karena air hujan memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal yang perlu dilakukan untuk menaikkan PH bisa dengan menebarkan garam krosok di kolam tersebut.

kolam terpal

SPESIFIKASI PRODUK :

  • Alat untuk mengukur tingkat keasaman / basa air.
  • Dimensi 152x30x15 mm. berat 50 gram lebih simpel dan mudah dibawa-bawa
  • memiliki tingkat akurasi + – 0.1 pH
  • Sudah dilengkapi dengan :
    – lampu LED pada display,
    – 2 digit angka dibelakang koma,
    – baterai 3 x 1.5v alkaline dalam kondisi hidup terus, baterai bisa digunakan untuk 700 jam pemakaian.
    – box penyimpanan sehingga aman untuk menyimpan jika alat sedang tidak digunakan dalam waktu lama.

Berikut informasi tentang PH air untuk kolam ikan lele yang baik. Smoga informasi ini bermanfaat

Happy Farming 🙂

Baca Juga :

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Jenis Lele Yang Populer dan Cepat Besar di Indonesia

Jenis Lele Yang Populer dan Cepat Besar di Indonesia

Pada dasarnya, ada beberapa jenis lele yang dibudidyakan sepertilele lokal, lele hias dan lele dumbo, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!