Peternak Lele Sukses di Kenya

Peternak Lele Sukses di Kenya

 

Video berikut ini meliput seorang petani di Kenya yang memulai usaha ternak lele dengan modal yang minim. Peter Mogua memulai usaha ini bertahun-tahun yang lalu. Awal mula ia menjadi Peternak Lele Sukses di Kenya adalah ketika ia tak sengaja memberi makan sebuah kolam tanah yang hanya berisi beberapa ekor lele saja. Selang beberapa lama ia memperhatikan bahwa jumlah lele dalam kolam tersebut menjadi semakin banyak. Maka mulailah beliau untuk mencari cara dan informasi yang tepat dalam memelihara lele ini.

Kenya merupakan negara yang terletak di Afrika Timur, dan lele adalah salah satu pilihan hidangan yang sangat populer di negara ini. Umumnya lele yang ada di pasaran adalah lele hasil tangkapan di sungai ataupun di danau. Melihat tingginya permintaan akan daging putih lele, maka Pak Peter ini memulai membuka kolam-kolam tambahan dengan menggunakan terpal. Saat video tersebut dibuat, beliau memiliki lebih dari 80 kolam lele.

Peternak Lele Sukses di Kenya

Beliau mengatakan bahwa ke-delapan puluh kolam tersebut ada untuk memenuhi permintaan pasar. Beda dengan kebiasaan pasar di Indonesia, biasanya pembeli di Kenya membeli lele dalam ukuran jumbo, atau kurang lebih ukuran satu kilo satu ekor. Untuk mencapai target permintaan pasar, Pak Peter ini menerapkan sistem pemberian pakan satu kali sehari untuk ukuran siap panen (paling besar), dua kali sehari untuk ukuran besar, dan dua kali sehari untuk ukuran kecil.

Petani Lele Sukses di Kenya ini pun menjelaskan bahwa pentingnya sistem sortasi lele, karena mereka adalah hewan kanibal. Di peternakannya, proses sortasi benar-benar dipantau setiap harinya, karena ia tidak mau adanya kematian akibat kanibalisme. Ia menjelaskan bahwa kematian akibat kanibalisme ada karena kesalahan peternak dalam pemberian pakan ataupun proses sortir.

Kolam yang digunakan adalah kolam terpal dan kolam tanah, namun sebagian besar kolam lelenya memakai media kolam terpal yang ia bangun sendiri.

Sebagai tambahan informasi, tak hanya lele, Peter pun beternak ikan nila/tilapia untuk tambahan pemasukannya.

Mau lihat penampilan kolamnya bagiamana?? Yuk simak video yang berjudul Peternak Lele Sukses di Kenya berikut ini.

 

 

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Rahasia Sukses!!! Budidaya Lele Sistem bioflok

  Budidaya lele identik dengan bau yang tidak sedap. Bau ini timbul akibat kotoran-kotoran dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!