Persiapan Tebar Bibit lele Yang Baik

persiapan tebar bibit lele

Halo sahabat sangkuti, apa kabar teman-teman semuanya. Mudah-mudahan dalam keadaan yang baik-baik saja, yang sedang budidaya lele mudah-mudahan budidaya lelenya lancar dan yang sedang panen mudah-mudahan panennya melimpah dan sukses selalu untuk kita semua. Oke kali ini kami sedang ada di jatiwarna, sedang melalukan penebaran bibit lele. Perlu teman-teman ketahui dalam melakukan penebaran benih harus dilakukan secara benar. Dan kali ini kami akan jelaskan persiapan tebar bibit lele yang baik.

persiapan tebar bibit lele

Yang pertama dilakukan adalah persiapan airnya, jangan sampai akang menebar bibit lele ke kolam yang air belum siapkan, fatal akibatnya. Hal paling sederhana adalah mengendapkan air kurang lebih 7 hari sebelum ditebar. Nah dikolam ini kami mempersiapkan dengan menggunakan probiotik EM4 untuk persiapan airnya. Untuk kolam ini yang berukuran diameter 5 kami campurkan 5 -6 tutup botol EM4 ke dalam kolam, selanjutnya ditambahkan garam krosok kurang lebih 2-3 gayung yang sudah dilarutkan ke dalam air.

Persiapan air bertujuan untuk menyuburkan air itu sendiri, selain itu menumbuhkan mikroorganisme di dalam kolam yang berguna untuk menstabilkan PH air sampai untuk menjadi pakan alami di dalam kolam. Setelah EM4 di tebar, diamkan selama 7-14 hari. Air akan berubah menjadi hijau, nah ini menandakan bahwa mikroorgranisme di dalam kolam ini sudah hidup. Dan air sudah siap untuk di tebar benih lele

persiapan tebar bibit lele

Selanjutnya adalah pemilihin bibit lele, Sebaiknya untuk pemula gunakan benih lele berukuran besar untuk menghindari kematian yang banyak. Gunakan benih ukuran minimal uk-7-8cm atau yang paling besar seperti yang kami gunakan adalah uk.10-11. Dengan menggunakan bibit lele berukuran besar, kita akan menghemat waktu budidaya dan akan menghemat kebutuhan pakan. walaupun memang harga benih ukuran besar lebih mahal dibandingkan ukuran kecil. Tetapi menurut kami jika akang mendapatkan benih ukuran besar, sebaiknya ambil. Karena walaupun mahal benih ukuran besar lebih kuat dan dapat menimalisir kematian di dalam masa budidaya.

persiapan tebar bibit lele

Oke setelah bibit lele dipilih, selanjutnya waktu penebaran benih. Lakukan penebaran benih di waktu yang tepat. Waktu yang tepat adalah pagi di pukul 07.00 – 10.00 atau disore hari di pukul 15.00 kebawah. Nah, kali ini kami melakukan menebaran di pukul 19.00. Walaupun gelap, tetapi waktu ini cukup ideal dilakukan penebaran benih. Karena matahari terik sudah tidak ada lagi. Tapi sebaiknya lakukan di sore hari di pukul 16.00 – 17.00 agar lebih mudah dalam melakukan penebaran benih.

Selanjutnya sampling ukuran benih, akang bisa menggunakan timbangan duduk untuk melakukan sampling ukuran. Samping ini bertujuan agar benih yang ditebar bisa lebih merata. Di penebaran bibit lele kali ini per 1 kg bibit lele uk. 10-11 didapatkan jumlah bibit lele sebanyak 136 ekor. Bibit akan ditebar ke 5 kolam dengan jumlah masing-masing kolam 4000 ekor dan 1 kolam lagi di tebar 5000 ekor. jadi untuk kolam yang diisi 4000 ekor dibutuhkan bibit lele dengan berat total 29.4kg. Sedangkan untuk kolam yang diisi 5000 ekor dibutuhkan berat total bibit lele sebanyak 36.7kg.

Setelah bibit ditebar diamkan saja sampai besok pagi, karena bibit masih dalam tahap adaptasi lingkungan baru, jangan langsung dikasih makan, karena didalam kolam masih banyak terdapat pakan alami untuk kebutuhan bibit lele. Puasakan 1/2 hari setelah bibit di tebar di kolam baru.

Jadi, jangan asal-asalan yah dalam menebar bibit lele, agar akang bisa mendapatkan hasil yang maksimal

Sekian artikel dan kegiatan kami mengenai persiapan tebar bibit lele, smoga bisa bermanfaat untuk akang yang baru memulai usaha budidaya lele dan kami doakan agar sukses budidaya lelenya. Silahkan share artikel ini ke social media akang, sehingga banyak yang terbantu dalam menebar bibit lele.

Oh, iya yang membutuhkan bibit lele atau peralatan penunjang budidaya lele silahkan kunci katalog kami di whatsapp https://wa.me/c/628111041161 dan jangan sungkan tanyakan kepada kami jika ada pertanyaan mengenai budidaya lele.

Happy farming 🙂

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

jual bibit lele di cibubur

Jual Bibit Lele di Cibubur |PESANTREN MAJELIS ILMU RAHMATAN LIL ‘ALAMIN

Buat akang-akang yang mencari bibit lele di cibubur sekitarnya, akang-akang bisa hubungi : USTADZ HASAN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍