Wednesday , 12 December 2018

Persiapan Kolam Pembibitan Lele

Pada artikel ini kami ingin membahas Persiapan Kolam Pembibitan Lele. Bagi yang telah ahli dalam bidang pembesaran lele, tak ada salahnya merambah bidang pembibitan. Segmen pembibitan lele sangkuriang adalah usaha budidaya lele sangkuriang yang berorientasi pada pengadaan bibit ikan, dalam hal ini para pembudidaya menjalankan aktivitas perawatan induk, pemijahan, penetasan dan pemeliharaan bibit ikan lele yang baru menetas hingga bibit mencapai ukuran yang biasa diterapkan untuk segmen pembesaran yakni 5 hingga 6 cm atau 7 hingga 8 cm.Persiapan Kolam Pembibitan Lele

 

Keperluan kolam pembibitan lele sangkuriang memerlukan lahan yang cukup luas, disarankan untuk mengaplikasikan kolam terpal, selain lebih mudah dan hemat, pengaplikasian kolam terpal juga bisa meminimalisasi hama yang umumnya banyak terdapat pada kolam tanah, kolam terdiri dari :

  • Kolam perawatan induk
  • Kolam pemijahan
  • Kolam penetasan dan pemeliharaan bibit

Sebelum membeli indukan lele sangkuriang langkah pertama yang wajib dikerjakan adalah menyiapkan kolam perawatan induk. Lakukan pengomposan agar kualitas air kolam menjadi baik dan memenuhi standart sehingga indukan-indukan lele bisa hidup dengan sehat dan memiliki keadaan yang baik untuk dalam hal pemijahan. Pengomposan yang baik umumnya akan menghasilkan air berwarna hijau pekat sebab mengandung mikroorganisme dan zat-zat yang baik untuk ikan, lama cara kerja pengomposan kurang lebih 10 hari, sesudah itu baru indukan lele sangkuriang bisa dimasukan ke dalam kolam. Dalam metode pembenihan lele sangkuriang, indukan lele jantan dan betina tidak dipisahkan, semua indukan lele dimasukan dalam satu kolam, berdasarkan pengalaman di lapangan, dikarenakan warna air kolam yang tidak jernih (Berwarna Hijau Pekat) maka umumnya indukan lele tidak akan melaksanakan pemijahan liar.

 

Perawatan indukan merupakan elemen yang penting dalam usaha pembibitan lele sangkuriang, indukan lele sangkuriang sebaiknya diberi pakan pelet hanya satu kali sehari, sangat direkomendasikan memberikan pakan pada malam hari, tetapi patut dipastikan bahwa indukan lele bisa makan dengan kenyang. Berikan pakan yang berprotein tinggi supaya mutu telur kian baik, kalau ingin memberikan pakan tambahan atau alternatif cukup satu minggu sekali, kalau terlau sering dikhawatirkan akan membuat indukan kelebihan lemak sehingga mengganggu produktifitas telur.

Sekian artikel mengenaiĀ Persiapan Kolam Pembibitan Lele

Smoga bermanfaat šŸ™‚

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Sistem Polikultur

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas Budidaya Ikan Sistem Polikultur. Pada awal perkembangannya, metode budidaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!