Perbedaan Probiotik dan Prebiotik Pada Budidaya Lele No ratings yet.

Dalam kesempatan ini  kami ingin membahas Perbedaan Probiotik dan Prebiotik. Kita seringkali mendengar istilah prebiotik, probiotik dan sibiotik. Ketiga hal ini memiliki perbedaan yang perlu dipahami. Definisi probiotik atau lebih dikenal dengan mikroorganisme “baik” adalah objek yang terdiri dari mikroba hidup yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia atau hewan secara oral. Mikroba hidup itu diharapkan mampu memberikan pengaruh positif kepada kesehatan manusia atau hewan dengan metode membetulkan sifat-sifat yang dimiliki mikroba alami yang tinggal di dalam tubuh manusia atau hewan tersebut. Ciri-ciri probiotik yang baik adalah yang mampu konsisten dalam kondisi hidup, memiliki energi untuk bertahan hidup pada saluran pencernaan dan memberikan manfaat kesehatan yang bisa dibuktikan. Probiotik berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikroesosistem dalam metode pencernaan, menolong proses pencernaan, berperan positif dalam metode immun dan menetralkan atau menghilangkan racun.


Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Prebiotik didefinisikan sebagai kandungan yang tidak dapat dicerna yang menghasilkan pengaruh positif kepada inang dengan metode menstimulasi secara selektif pertumbuhan satu atau lebih sejumlah mikroba terbatas pada saluran pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan inang. Suatu kandungan pangan dapat dikategorikan sebagai prebiotik kalau memenuhi syarat seperti; tidak terhidrolisis atau terserap pada saluran pencernaan bagian atas; secara selektif dapat menstimulir pertumbuhan bakteri yang menguntungkan pada kolon; dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen, sehingga secara sistemik dapat meningkatkan kesehatan.

Sinbiotik yakni kombinasi probiotik dan prebiotik. Penambahan mikroorganisme hidup (probiotik) dan substrat (prebiotik) untuk pertumbuhan bakteri seperti frutooligosaccharide (FOS) dengan bifidobacterium atau lactitol dengan lactobacillus. Keuntungan dari kombinasi ini yakni meningkatkan kemampuan hidup bakteri probiotik dikarenakan substrat yang spesifik telah tersedia untuk fermentasi sehingga tubuh memperoleh manfaat yang lebih total dari kombinasi ini.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa probiotik merupakan bagian dari bakteri sehat, prebiotik adalah sumber energi alami untuk bakteri sehat sedangkan sinbiotik yaitu kombinasi antara probiotik dan prebiotik.

 

Sekian artikel mengenai Perbedaan Probiotik dan Prebiotik.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!