Perawatan Air Kolam Lele No ratings yet.

Lele merupakan ikan yang dapat bertahan dalam kondisi air kolam yang keruh, namun ikan lele mempunyai keterbatasan dalam bertahan pada kondisi air yang minim oksigen. Tingkat kekeruhan air dalam kolam ikan lele perlu dikontrol dengan cara melakukan pergantian air kolam ikan lele secara teratur agar kondisi ikan selalu optimal. Dalam perawatan air kolam lele biasanya pembudidaya membuang sebagian air kolam lalu diganti dengan air bersih. Namun ada cara lain yang harus dicoba yakni dengan memasukkan air bersih ke dalam kolam tanpa henti sepanjang waktu dengan jumlah yang sedikit. Jumlah air yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan cara yang pada umumnya dilakukan oleh para pembudidaya. Cara ini memiliki beberapa keuntungan antara lain :


  • Menghindari stress. Apabila biasanya proses pergantian air bisa menyebabkan ikan lele menjadi stress, dengan cara ini dapat mengurangi resiko stress pada ikan karena prosesnya berjalan sangat halus.
  • Meningkatkan kadar oksigen. Penambahan air bersih secara terus menerus akan menimbulkan semburan air di dalam kolam. Semburan air tersebut akan meningkatkan kadar oksien dalam kolam sehingga air kolam tidak akan terlalu keruh.
  • Hemat Air. Ketika kondisi air kolam masih layak dan kolam sudah terlalu penuh maka air tersebut dapat dipakai untuk mengisi kolam yang lain sehingga dapat menghemat penggunaan air.

Agar mampu mengalirkan air bersih tanpa henti, dapat dilakukan dengan membuat saluran khusus dari wadah penyimpanan air, lalu disambungkan dengan selang agar dapat dialirkan langsung ke kolam lele. Jumlah air yang keluar perlu diatur agar dapat mengeluarkan semburan air sehingga bisa memberikan oksigen tambahan pada kolam lele.

perawatan air kolam lele

Untuk dapat menghasilkan pertumbuhan lele yang cepat dengan ukuran seragam maka kedalaman air kolam harus menyesuaikan dengan ukuran benih lele. Air yang sudah berbau amis menandakan bahwa air tersebut memiliki kualitas yang buruk dan sudah waktunya untuk diganti. Bau amis berasal dari sisa pakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam. Penting untuk selalu menjaga kadar pH air agar tetap stabil dalam rangka menunjang kelangsungan hidup ikan lele.

perawatan air kolam lele

Demikian ulasan singkat mengenai perawatan air kolam lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.


Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

usaha ikan lele rumahan

Usaha Ikan Lele Rumahan

Dengan kondisi lingkungan di pedesaan, rata–rata masyarakat mempunyai lahan pekarangan rumah yang cukup luas dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!