Penyebaran Ikan Lele di Indonesia

Penyebaran Ikan Lele di Indonesia

Penyebaran Ikan Lele di Indonesia perlu kita pelajari. Lele yaitu ikan tanpa sisik yang bisa ditemukan di perairan tawar di dua benua, ialah di Benua Afrika dan Asia. Ikan ini mempunyai nama internasional sama dengan ikan patin dan baung, ialah catfish. Dinamakan catfish sebab ikani ni memiliki sejumlah kumis yang cukup panjang, mirip kumis yang dimiliki kucing.

 

Penyebaran Ikan Lele di Indonesia

Lele mempunyai banyak nama atau sebutan. Masing masing negara mempunyai sebutan atau nama yang berbeda untuk ikan berkulit licin ini. Orang Afrika menyebutnya mali. Di Thailand, ikan ini diketahui dengan nama plamond. Di Malaysia, lele dikasih nama keli. Orang Jepang menyebutnya ca tre trang, padahal di Sri Lanka dinamai gum magura. Pun dalam bahasa Inggris, ada pelbagai sebutan untuk ikan lele, di antaranya catfish, mudifsh, walking catfish, atau siluroid.

Di Indonesia, ikan yang cakap menghirup 02 dari udara ini mempunyai sebagian nama atau sebutan. Masyarakat di Pulau Jawa menyebut ikan ini dengan nama lele. Masyarakat di Sulawesi menamakannya keli atau keeling. Di Kalimantandisebut ikan pintet, padahal di Sumatera dinamakan ikan kalang.

Ragam lele yang ada di dunia amat banyak. Sebagian ada yang masih dapat ditemui, melainkan beberapa telah susah ditemukan. Sebagian tipe lele terdapat di wilayah Afrika, antara lain Clarias sp., Clarias Iazera, Clarias dumerili, Clarias mosambicus, Clarias anguiIlaris, Clarias senegalensis, dan Clarias gariepenus.

Penyebaran Ikan Lele di Indonesia

Di Asia, penyebaran lele mencakup Thailand, Filipina, Indonesia, dan Cina. Sebagian negara di Asia,malah sudah sukses mengembangbiakkan atau membudidayakan ikan ini dengan memeliharanya di dalam kolam atau media pemeliharaan lainnya. Kecuali untuk upaya pelestarian spesies ikan, tentu saja sebab ikan ini mempunyai poin ekonomi tinggi. Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, Laos, Kamboja, Birma, India, termasuk Indonesia termasuk negara-negara di Asia yang sudah sukses membudidayakan lele.

Ragam lele yang ada di perairan Indonesia di antaranya Clarias batrachus, Clarias melanoderma, Clarias neuhofi, dan Clarias teijsmani. _Adapun yang diketahui dengan istilah “lele lokal” merupakan Clarias batrachus. Di antara tipe lele yang di ucap di atas, tipe inilah yang paling populer di kalangan masyarakat kita. Ragam yang lainnya, kecuali tak populer, juga susah ditemukan.

Sementara itu, nama ilmiah untuk lele dumbo yang kita ketahui sehari-hari merupakan Clarias gariepinus. Lele dumbo inilah-dengan segenap keunggulan yang dimilikinya–yangjustru diketahui luas oleh masyarakat indonesia. Kecuali itu, paling diminati untuk dibudidayakan di kolam konvensional atau di kolam opsi lainnya.

lele bertubuh bongsor ini masuk ke lndonesia pertama kali pada tahun I986. Diimpor dari Taiwan lewat Udara Soekarno-Hatta. Semenjak ketika itulah, pelan tetapi pasti, lele dumbo mulai diketahui masyarakat Indonesia. Mulai tahun 2002, dapat dipastikan bahwa di tiap tempat di Indonesia bisa ditemui kolam lele dumbo. Kini, atensi masyarakat Indonesia untuk membudidayakan ikan ini kian tinggi. Hal ini berkaitan dengan naiknya tingkat konsumsi lele dumbo masyarakat lndonesia dari waktu ke waktu. Lele dumbo sekarang kian populer.

Sekian artikel pembahasan mengenai Penyebaran Ikan Lele di Indonesia. Share artikel kami jikan bermanfaat, jikan ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di artikel ini

terima kasih

 

happy farming

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia

Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia

Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia Perkembangan Budidaya Ikan Lele di Indonesia Permintaan lele konsumsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!