Penyebab Lele Kembung, Kok Bisa?

Halo sahabat sangkuti jadi disini kita akan membahas terkait salah satu permasalahan dalam memelihara ikan lele yaitu mengenai penyakit nah disini kita akan membahas penyebab lele kembung. Mengapa perlu mengatahui hal tersebut sahabat sangkuti? Yaitu hal ini tentunya bertujuan untuk mengurangi mortalitas dari pemeliharaan sangkuti sehingga kita dapat mencegah kerugian dalam pemeliiharaan. Yuk kita bahas sahabat sangkuti

Penyakit kembung pada ikan lele jika dibiarkan akan menyebabkan kematian pada ikan sehingga kita perlu mengetahui gejala serangan, penyebab, dan cara mengobati kembung itu sendiri.

penyebab  lele kembung

Gejala-gejala serangan  penyakit kembung pada ikan lele diantaranya :

  • Perut ikan lele membesar

Ciri-ciri ini merupakan ciri yang paling mudah dikenali jika ikan lele mengalami serangan penyakit kembung ini. Dalam mengecek bahwa ikan lele tersebut mengalami kembung pada perut atau tidak

  • Lele sering muncul ke permukaan kolam

Ciri-ciri dapat dijadikan sebagai salah satu acuan lainnya yaitu Ketika lele sering kali muncul dipermukaan air kolam maka lele terindikasi mengalami penyakit kembung. Ikan lele yang sedang mengalami sakit kembung akan kehilangan keseimbangan sehingga ikan lele akan kesulitan berenang. Akibat dari kesulitan berenang akan membuat lele sering muncul ke permukaan air kolam. Hal ini jika berlangsung lama akan membuat lele lama kelamaan mengalami kematian.

  • Kehilangan nafsu makan

Ikan lele yang memiliki nafsu makan tinggi atau normal jika diberi makan tingkah lakunya akan agresif. Namun lele yang sedang mengalami penyakit kembung ikan lele menjadi tidak agresif nafsu makan ikan akan menurun. Hal ini terjadi akibat dari cairan bening pada bagian perut ikan lele sehingga ikan lele mengalami penurunan nafsu makan yang menurun.

  • Posisi berenang yang miring

Posisi berenang yang miring terjadi karena ikan lele mengalami kehilangan keseimbangan sehingga posisi berenang tubuh ikan lele terganggu. Kehilangan keseimbangan ini diakibatkan dari penyakit kembung pada lele.

Penyebab-penyebab penyakit kembung pada ikan lele:

  • Air kolam yang kotor

Air kolam yang kotor menjadi salah satu penyebab utama ikan lele mengalami kematian akibat penyakit perut kembung. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang tidak memiliki sisik sehingga ikan lele dalam membersihkan tubuhnya dengan cara mengeluarkan lendir dari tubuhnya. Pengeluaran lendir yaitu untuk membantu mengeluarkan kotoran yang menempel pada tubuh ikan lele. Lendir yang dikeluarkan dari tubuh ikan lele mengandung ammonia. Jika air kolam kotor maka ikan lele akan memproduksi lendir lebih banyak sehingga kandungan ammonia dalam air akan meningkat. Hal ini yang membuat perut ikan lele menjadi kembung.

  • Suhu air kolam yang terlalu dingin

Suhu air kolam yang ideal untuk pemeliharaan ikan lele yaitu 26 °C sampai 30 °C. suhu air kolam yang terlalu rendah akan membuat ikan lele mudah mengalami penyakit kembung. Sehingga penting untuk tetap menjaga suhu air dalam pemeliharaan selain penyakit peruut kembung ada penyakit lainnya yang dapat menyerang ikan lele seperti kematian bibit.

  • Kepadatan ikan dalam kolam terlalu tinggi

Kepadatan ikan dalam kolam terlalu tinggi akan membuat kualitas air kolam cepat rusak yaitu air kolam cepat kotor. Air kolam yang kotor akan memacu ikan lele memproduksi lendir lebih banyak sehingga lele akan menghirup ammonia lebih banyak dan membuat perut ikan lele menjadi kembung.

  • Kurangnya kandungan oksigen dalam air kolam

Kurangnya oksigen diakibatkan dari kualitas air kolam yang kotor dengan ciri-ciri masih terdapat banyak kotoran ikan dalam kolam. Kekurangan oksigen dalam air kolam akan membuat ikan mengalami penyakit perut kembung.

Beberapa cara yang dilakukan Ketika ikan lele mengalami penyakit perut kembung

  • Mengganti air kolam secara rutin

Penyakit perut kembung pada lele diakibatkan dari kualitas air yang menurun sehingga Langkah awal yang dilakukan yaitu dengan mengganti air kolam secara rutin untuk tetap menjaga kualitas air kolam.  Langakh awal yang dilakukan dalam mengganti air kolam yaitu dengan menguran air kolam lebih dari setengah atau seluruh air kolam. Hal ini dilakukan bertujuan mengurangi gas ammonia dalam kolam. Kemudian jika terdapat ikan lele yang terserang penyakit kembung yaitu tambahkan ramuan herbal atau obat ikan lele kembung. Ramuan herbal yang biasa dipakai ialah daun kemangi dengan cara direbus dan diambil air rebusannya tersebut. Kemudian air rebusan daun kemangi di masuk ke kolam ikan lele yang mengalami penyakit kembung. Khasiat daun kemangi yaitu untuk memperbaiki system pencernaan ikan lele.

  • Mengisolasi ikan lele di kolam khusus terkena penyakit

Ikan lele yang mengalami penyakit perut kembung yaitu dilihat dari seringnya ikan lele mengeluarkan lendir dalam tubuhnya. Lendir ini lah yang membuat ikan lele yang masih sehat ikut menelan sehingga harus dilakukan pemisahan untuk ikan lele yang sedang terserang penyakit kembung. Kolam khusus untuk ikan lele kembung yaitu harus dalam keadaan bersih dan selanjutnya ikan lele dibiarkan berpuasa selama 2 hari. Kolam bersih untuk ikan lele kembung bertujuan untuk menekan ikan lele untuk tidak mengeluarkan lendir yang berlebih. Setelah ikan lele berpuasa 2 hari Langkah selanjutnya ikan lele diberi pakan dengan campuran probiotik.

Waah bagaimana sahabat sangkuti sudah kenal kah dengan penyakit kembung pada ikan lele ini? Salam sukses sahabat sangkuti.

Baca Juga : Rangka Kolam Terpal dari Kayu

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Fitoplankton Makanan Kutu Air

Halo sahabat sangkuti mimin disini mau berbagi pengetahuan baru ternyata fitoplankton makanan kutu air yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍