Wednesday , 11 December 2019

Penyebab Air Berbusa Pada Kolam Lele No ratings yet.

Dalam artikel kali ini kami ingin membasa Penyebab Air Berbusa Pada Kolam Lele. Seringkali pembudidaya ikan menjumpai air kolam ikannya terdapat banyak buih. Kondisi air kolam yang berbuih perlu menjadi perhatian bagi pembudidaya ikan. Munculnya buih pada kolam ikan dapat menjadi tanda bahwa keadaan air kolam sudah tidak baik. Kondisi air kolam yang buruk tentunya akan menyebabkan ikan rentan terserang penyakit yang dapat berakibat pada kematian. Jika hal ini terjadi tentu saja akan mendatangkan kerugian cukup besar.


Penyebab Air Berbusa Pada Kolam Lele

Ada beberapa faktor yang memungkinkan air kolam ikan menjadi muncul banyak buih, antara lain :

  1. Faktor pertama air kolam menjadi berbuih karena terjadi meningkatnya kadar gas CO2 dan banyak plankton yang mati. Hal ini selain membuat air berbuih,  biasanya juga menyebabkan air kolam menjadi keruh dan pekat.
  2. Faktor kedua munculnya buih pada kolam disebabkan tingginya kadar organik terlarut dalam air. Bahan organik ini dapat berasal dari sisa kotoran ikan yang tak terurai serta sisa pakan yang tak termakan ikan. Kotoran ikan serta sisa pakan yang tidak dimakan oleh ikan yang mengendap di dasar kolam lama-lama akan terlarut dengan air kolam. Air yang telah tercemar ini segera terkena udara oleh pompa dari aerator atau percikan ikan sehingga mengakibatkan terbentuknya gelembung-gelembung air.
  3. Kemungkinan ketiga penyebab air kolam berbusa merupakan fenomena ledakan alga atau umum disebut algae blooming. Situasi ini terjadi karena proses pemupukan yang berlebihan. Hal ini menyebabkan populasi alga menjadi tak terkontrol. Selain munculnya buih, ledakan alga ini juga menyebabkan air kolam menjadi keruh.

Selain kemungkinan di atas, munculnya banyak buih pada air kolam bisa jadi disebabkan baru saja melakukan penggaraman pada kolam. Penggaraman lazim dilakukan pembudidaya ikan untuk menjaga kadar pH air setelah kolam terkena air hujan. Selain itu penggaraman lazim dilakukan untuk terapi pengobatan ataupun mencegah penyakit ikan.

 

Sekian artikel mengenai Penyebab Air Berbusa Pada Kolam Lele

smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!