Thursday , 5 December 2019

Penyakit Virus Pada Ikan Lele No ratings yet.

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit virus pada ikan lele terjadi pada ikan yang berumur kurang dari satu tahun (seperti larva atau bibit) atau pada ikan yang berukuran kurang dari 15 cm. Penularan CCVD terjadi dari induk ikan terhadap telur. Penularan penyakit juga terjadi langsung dari sumber virus dalam air, dan juga dari virus yang dibawa oleh binatang perantara. Penyakit ini juga dipengaruhi oleh stress dalam lingkungan budidaya yang tak dijaga. Angka kematian yang paling tinggi biasanya terjadi pada temperatur air yang melebihi 27°C dan menurun seiring penurunan temperatur air.


Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Ikan yang terkena CCVD sering mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini merupakan tanda permulaan dan bisa diikuti oleh kematian yang tinggi pada larva atau bibit ikan. Lele yang rerenang tak menentu, perilaku yang hiperaktif kemudian lesu dan ikan sering berkerumun di sisi kolam juga merupakan gejala yang perlu diperhatikan. Ikan juga sering bergerak dengan kepala mengarah ke atas dengan ekor ke bawah.

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Sementara itu indikator pada ikan yang muncul antara lain:
– Perut membesar
– Eksoftalmus (Penonjolan bola mata)
– Pendarahan pada sirip dan perut ventral
– Pendarahan pada otot-otot, hati dan ginjal
– Limpa gelap dan membesar
– Adanya cairan dalam rongga perut
– Ikan pucat, ginjal membesar

Penyakit ini ialah salah satu penyakit yang membahayakan bagi ikan lele sebab tingkat kematian pada ikan yang terjangkit virus ini sangat tinggi. Sementara ikan yang bertahan dan tak mati akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga bobotnya berkurang. Kemudian ikan tersebut terlihat normal, tetapi telah menjadi pembawa virus yang dapat ditularkan pada ikan lain.

Pengobatan dan Pencegahan
Penyakit ikan lele ini bisa diatasi dengan meningkatkan kebersihan kolam seperti mengganti air kolam sampai ikan tampak normal seperti semula. Pendekatan lingkungan dilakukan dengan menjaga kualitas air supaya tetap kondusif bagi kehidupan ikan, menjaga wadah budidaya tetap bersih dan sehat dengan selalu melakukan sterilisasi peralatan budidaya. Selain hindari pergantian air secara mendadak untuk mencegah ikan lele menjadi stress. Penyakit ikan lele ini bisa diatasi dengan meningkatkan kebersihan kolam seperti mengganti air kolam sampai ikan tampak normal seperti semula.

Demikian ulasan singkat mengenai penyakit virus pada ikan lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!