Tuesday , 10 December 2019

Penyakit lele Kuning dan Cara Mengobatinya No ratings yet.

Penyakit lele Kuning

penyakit lele kuning
penyakit lele kuning

Halo sahabat sangkuti, kembali lagi di sangkuti farm, dalam kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang penyakit lele, yaitu penyakit lele. Mungkin sahabat sangkuti dalam perjalanan budidaya lele pernah mengalami penyakit jenis ini. Penyakit ini jika tidak segera diatas akan menyebabkan kematian. Ok, sekarang kita bahas Penyakit lele Kuning dan Cara Mengobatinya


Penyakit kuning atau jaundice biasanya disebabkan oleh malanutrisi atau kesalah dalam pemberian pakan. Ini harus dicermati oleh pembudidaya lele. Jangan karena berpikir hanya ingin keuntungan semata, faktor kualitas pakan diabaikan. Penyakit kuning ini disebabkan oleh pemberian pakan yang kadaluarsa atau akibat pakan yang di simpan di tempat yang memiliki tingkat kelembabpan yang tinggi. Hal yang lain penyakit ini timbul akibat pemberian pakan kepada lele yang minim, selain itu juga penyakit ini juga bisa disebabkan oleh pembelian pakan alternatif seperti jeroan ayam, ikan rucah yang diberikan secara berlebihan, kontinyu dan terus menerus. Gejala pertama yang muncul dari penyakit kuning adalah sekujur tubuh pada lele berwarna kuning, yang berangsur-angsur jika dibiarkan akan menyebabkan kematian. Dan bila di bedah pada tubuh lele, organ pada ikan lele jjuga berwarna kuning, seperti ginjal, hati dan usus.

Baca Juga : Penyakit lele dan cara pengobatannya yang ampuh

Cara penanggulangan atau pencegahan adala dengan cara memberikan pakan yang berkualitas, seperti pakan pabrikan yang sudah memenuhi standar komposisi seperti protei, vitamin yang dibutuhkan oleh lele. Dan juga diperhatikan dari masa kadaluarsa pakan itu sendiri, jangan membeli pakan yang masa kadaluarsa terlalu dekat. karena pakan tersebut sudah terlalu lama. Selain itu dalam penyimpanan pakan juga diusahakan ditempatkan di tempat yang memiliki kelembapan yang rendah. Selain itu hindari pemberian pakan alternatif seperti ikan rucah dan jeroan ayam secara berlebihan. Pemberian pakan alternatif bisa dilakukan tetapi tetap diselingi dengan pemberian pakan pabrikan yang memenuhi standar kualitas.

Sekian artikel mengenai Penyakit lele Kuning dan Cara Mengobatinya. Smoga informasi ini bisa bermanfaat buat sahabat sangkuti yang sedang menjalani usaha budidaya lele. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share di sosial media masing.

Terima kasih

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!