Tuesday , 10 December 2019

Penggemukan Ikan Lele No ratings yet.

Salah satu kunci dalam usaha penggemukan ikan lele ialah pola pemberian pakan. Pakan adalah unsur penting dalam budidaya lele jenis apapun. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggemukan ikan lele antara lain:


Pemberian Pakan Teratur

Ada baiknya selalu menjaga dalam pemberian pakan lele agar selalu teratur. Caranya tidak sulit yakni dengan membuat jadwal waktu dan jumlah dalam pemberian pakan. Paling tidak berikan pakan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari atau 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam. Bila memberikan pakan sebanyak 3 kali jangan memberikan pakan terlalu pagi karena biasanya ikan lele belum lapar.

penggemukan ikan lele

Ukuran Pelet Sesuai Dengan Ukuran Tubuh Lele

Pelet lele biasanya dijual dalam beragam ukuran. Agar lele lebih mudah menelan dan pelet tidak terbuang percuma sebaiknya ukuran pelet menyesuaikan ukuran ikan sehingga lele cepat kenyang.

penggemukan ikan lele

Pelet Basah

Lele merupakan ikan yang rakus dan mampu memakan pelet dalam jumlah banyak. Lele akan mampu makan lebih banyak pelet yang kering sehingga lebih cepat mengalami kekenyangan yang bisa berakibat kematian. Lele yang telah dibasahi sebelumnya, membuat volumenya lebih mengembang sehingga kita tidak perlu memberikan terlalu banyak.

Probiotik

Sebaiknya pakan ikan lele dicampur dengan probiotik dan vitamin agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Probiotik juga mampu menguraikan sisa bahan organik di dalam kolam dan menyuburkan air sehingga membuat lingkungan menjadi baik.

Penebaran Merata

Pemberian pakan dapat dilakukan dengan menebar secara bertahap dan merata. Dengan cara ini kita dapat melihat tingkat nafsu makan ikan lele. Bila lele dalam keadaan kenyang maka tidak akan mau makan sehingga terjadi penumpukan sisa pakan yang akan membuat kualitas air menjadi buruk. Perhatikanlah waktunya secara teratur untuk menjaga nafsu makan ikan. Penebaran pakan harus merata agar ukuran ikan dapat tumbuh dengan seragam.

Kondisi Kolam Tenang

Ketika memberikan pakan harus menjaga kondisi kolam agar ikan lele mampu makan secara baik dan tidak pakan yang dimuntahkan. Hindari aktivitas yang akan mengganggu pencernaan ikan seperti pergantian air, pemberian garam atau kapur dan pengggunaan jaring untuk menangkap ikan.

Hindari Pakan Mentah

Untuk mengurangi biaya biasanya pembudidaya memberikan pakan tambahan berupa daging mentah seperti bekicot, keong mas dll. Bila ingin memberikan daging mentah sebaiknya direbus terlebih dahulu sehingga bakteri yang terkandung dalam daging tersebut mati. Pakan yang akan diberikan kepada ikan lele haruslah sehat dan berkualitas. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan lele tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai usaha penggemukan ikan lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!