Pengaruh Air Hujan Terhadap Lele

Kali ini kami ingin membahas Pengaruh Air Hujan Terhadap Lele. Dalam Budidaya Lele, baik sangkuriang ataupun jenis lain, hujan merupakan anugerah bukan musibah. Air hujan sangat baik bagi lele. Jika ada persoalan yang kemudian muncul sesudah hujan turun, masalahnya bukan pada air hujannya, namun pada cara yang akan dilakukan dalam mengelola air kolam.

Pengaruh Air Hujan Terhadap Lele

Semua metode saat ini digunakan dirancang untuk mengelola air kolam dengan baik sehingga tidak akan ada masalah ketika terjadi penambahan (baik akibat hujan ataupun memang sengaja ditambahkan) dan pengurangan (penguapan). Kalau pasca turun hujan terjadi masalah pada kolam, perhatikan kembali metode yang digunakan. Hujan yang turun cukup deras akan menjadi situasi sulit bagi pembudidaya ikan lele pemula. Seandainya sore kolam terkena hujan, esok harinya ikan lele dapat mati.

Kolam budidaya ikan lele yang tak terlindungi penutup atau atap akan berpeluang lebih besar akan masuknya air hujan. Oleh sebab itu, Anda semestinya menyiasatinya dengan memakai penutup atau atap.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lele menggantung sesudah ditimpa hujan, antara lain:

  • Kolam diguyur air hujan yang lewat atap
    Ini yang amat sering terjadi, lazimnya bagi kita yang mengalami keterbatasan dana, maka membikin kolam di dekat rumah. Umumnya ada beberapa kolam yang tertutupi atap rumah yang ketika hujan otomatis air hujan dari atap akan masuk ke kolam. Nah bisa jadi residu/racun yang ada pada atap ikut masuk ke dalam kolam.
  • Kolam Kurang Dalam
    Seandainya kolam tidak memiliki kedalaman yang ideal, karenanya saat hujan turun, getaran yang ditimbulkan oleh hujan akan membuat lele stres. Karena lele amat sensitif terhadap getaran. Lele akan merasa terganggu dengan getaran yang ditimbulkan, dan bukan karena airnya. karenanya setelah hujan reda biasanya lele menggantung karena stress. biasanya kondisi seperti ini tidak akan berlangsung lama, karena lele akan menyesuaikan sendiri.

Curah hujan yang tinggi akan memunculkan banyak penyakit pada ikan lele. Ini karena ikan lele dalam posisi keasaman tinggi yang akan menyebabkan ikan menjadi lemah dan nafsu makannya berkurang. Situasi yang demikian akan mengakibatkan ikan gampang sekali terserang penyakit. Umumnya, penyakit yang menyerang yaitu jamur dan akan memunculkan kematian.

Tingkat keasaman tinggi dampak air hujan akan kerap dijumpai oleh pembudidaya ikan lele, terutama para pembudidaya yang bergerak dalam sektor pembenihan dan pembesaran yang menerapkan kolam beton. Untuk mengantisipasinya dapat melakukan penebaran kapur dolomite/zeolit. Pemberian kapur ini agar tingkat keasaman air hujan menjadi netral.

Sekian artikel mengenai Pengaruh Air Hujan Terhadap Lele

Smoga bermanfaat 🙂

 

Nilai Kualitas Konten

About mugi nugroho

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Lele Kolam Terpal Apa saja?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin …

2 comments

  1. Bagaimana cara mengatasi lele yang menggantung dan kurangnya nafsu makan setelah hujan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍