Pemijahan Ikan Lele Intensif No ratings yet.

Kini telah banyak berkembang sistem pemijahan ikan lele, mulai dari sistem alami hingga sistem intensif. Hampir segala sistem bisa dijalankan sendiri oleh para pembudidaya. Cara pemijahan ikan lele secara alami dijalankan dengan melepaskan ikan lele berpasangan dalam kolam yang sudah dipersiapkan. Ikan lele yang siap kawin akan melakukan pembuahan sendiri. Sistem pemijahan lele intensif dijalankan dengan penyuntikan hormon, penyuntikan hipofisa, sampai pembuahan in vitro atau pembuahan dalam sebuah wadah yang dijalankan oleh manusia.


pemijahan ikan lele intensif

Pemijahan intensif in vitro
Pemijahan ikan lele secara in vitro yakni pemijahan yang dimana pembuahan dikerjakan oleh manusia dalam sebuah tabung atau wadah. Cara ini menuntut tingkat keterampilan dan ketelitian yang tinggi. Dalam pemijahan ikan lele secara in vitro induk ikan jantan dibunuh dan diambil spermanya. Sementara induk ikan betina disuntik terlebih dahulu, kemudian bagian perutnya diurut supaya sel telurnya keluar. Penyuntikan bisa dengan menerapkan kelenjar hipofisa maupun hormon perangsang. Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pemijahan ikan lele in vitro antara lain mangkuk plastik atau kaca, bulu ayam, kertas tisu, pisau, gunting, pinset, suntikan, dan sodium clorida atau cairan infus sekitar 0,9%. Wadah untuk penetasan telor bisa menggunakan akuarium, kolam fiber, maupun bak terpal plastik dengan air yang bersih dan bening.

Pemijahan intensif dengan penyuntikan hipofisa
Pemijahan ikan lele dengan penyuntikan hipofisa pada dasarnya sama dengan pemijahan alami. Mulai dari persiapan induk, kondisi kolam ataupun penanganannya. Cuma saja penyuntikan hipofisa pada induk ikan dikerjakan sebelum proses pemijahan. Penyuntikan dilakukan kepada induk jantan ataupun betina. Fungsi dari penyuntikan hipofisa ialah untuk menstimulus pertumbuhan dan pematangan sel telur. Sehingga hasil yang diperoleh akan lebih optimal dibanding dengan pemijahan secara alami. Kelenjar hipofisa yang dipakai diperoleh dari ikan donor, bisa ikan lele ataupun ikan mas yang telah dewasa. Ikan donor diusahakan mempunyai berat yang setara dengan berat indukan.

Pemijahan intensif dengan penyuntikan hormon perangsang
Pemijahan ikan lele dengan sistem menyuntikan hormon perangsang lebih praktis sebab tidak membutuhkan ikan donor dan tidak ada risiko kegagalan dalam pengambilan hipofisa. Hormon perangsang yang banyak dipasarkan antara lain chorulon dan ovaprim. Hormon yang digunakan akan mempengaruhi kelenjar hipofisa yang berfungsi untuk menstimulus pertumbuhan dan pematangan sel telur. Dalam melakukan sistem ini, pastikan calon indukan telah matang gonad. Indukan yang akan disuntik hormon yakni induk betina dan jantan. Cara penyuntikan hormon perangsang sama dengan pengerjaan penyuntikan kelenjar hipofisa dan cara pemijahannya sama dengan pemijahan secara alami.

pemijahan ikan lele intensif

Demikian ulasan singkat mengenai pemijahan ikan lele intensif, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

budidaya maggot balck soldier fly

Budidaya Black Soldier Fly

Dalam proses metamorfosa, komponen yang bisa digunakan sebagai pakan lele ialah saat masih berbentuk larva. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!