Peluang Bisnis Lele No ratings yet.

Sektor perikanan termasuk sumber daya yang bisa diperbaharui (renewable resources), artinya ketika dimanfaatkan sebagian, maka ikan yang masih tersisa mempunyai kemampuan untuk berkembang biak. Hal ini akan mempengaruhi ketersediaan ikan. Bisnis lele dapat dilakukan mulai dari pembenihan yang mudah dan tak mengeluarkan biaya banyak. Harga yang relatif stabil dan cukup tinggi menyebabkan peluang bisnis lele memiliki perkembangan yang cukup pesat.


Budidaya lele mempunyai lebih banyak keuntungan dibandingkan ikan air tawar lainnya, antara lain :

  • Pertumbuhan lele lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu 2 hingga 3 bulan, lele siap panen.
  • Harga relatif stabil dan tinggi
  • Bisa dikembangbiakkan dengan kepadatan tinggi dalam satu wadah, sehingga mengurangi biaya produksi
  • Mudah dipelihara karena tahan terhadap kondisi air yang minim oksigen
peluang bisnis lele

Peluang bisnis lele telah terbuka dengan luas dan dapat dimanfaatkan dengan cara :

  • Pecel lele merupakan salah satu makanan banyak digemari masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa. Kita dapat menawarkan kerja sama dengan pedagang pecel lele dengan menyediakan lele untuk mereka.
  • Untuk memenuhi konsumen rumah tangga, kita dapat masuk sebagai pemasok lele di pasar. Lele memiliki permintaan yang tinggi di kalangan rumah tangga karena selain rasanya yang enak, harganya pun relatif murah. Namun untuk dapat menjadi pemasok lele di pasar memerlukan pendekatan khusus agar dapat bekerjasama dengan pedagang di pasar tradisional.
  • Menjadi pemasok bagi produsen daging olahan lele dapat menjadi pertimbangan karena para produsen khususnya yang besar memerlukan persediaan bahan baku yang stabil. Bisnis daging olahan lele sudah semakin berkembang dengan adanya beraneka macam jenis olahan makanan yang terbuat dari lele. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh daging lele yang berkualitas.
  • Tidak hanya disajikan di warung pecel lele, saat ini lele juga telah masuk ke restoran. Sudah banyak restoran di kota – kota besar yang menjadikan ikan lele sebagai menu andalan mereka. Untuk dapat bekerjasama dengan restoran, perlu menjaga kualitas ikan lele. Keuntungan bila dapat menjadi pemasok bagi restoran ialah mereka bersedia membeli lele yang berkualitas dengan harga yang lebih tinggi.
  • Lele juga telah menjadi salah satu produk ikan yang dijual di supermarket. Akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri karena supermarket menawarkan harga jual yang lebih tinggi.
  • Di era ekonomi digital seperti ini sudah saatnya para pembudidaya lele memasuki sektor online dengan memanfaatkan teknologi internet. Jangkauan yang luas dan tidak terikat jarak dan waktu merupakan cara yang tepat dan cepat dalam membesarkan bisnis lele.
  • Apabila pembudidaya telah memiliki kolam dengan kapasitas produksi yang besar maka sudah saatnya mencoba saluran ekspor.

Jika mampu memanfaatkan bisnis lele dengan tepat maka dapat menjadi penggerak roda perekonomian bangsa.

peluang bisnis lele

Demikian ulasan singkat mengenai peluang bisnis lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

usaha ikan lele rumahan

Usaha Ikan Lele Rumahan

Dengan kondisi lingkungan di pedesaan, rata–rata masyarakat mempunyai lahan pekarangan rumah yang cukup luas dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!