Parameter Air Kolam Lele No ratings yet.

Air yang dapat diaplikasikan untuk budidaya ikan lele seharusnya memiliki standar kuantitas dan kualitas yang tinggi sebagai syarat agar ikan dapat bertahan hidup. Parameter air kolam lele yang digunakan sebagai media hidup ikan harus diperhatikan secara serius agar ikan dapat dibudidayakan sebagai sumber bahan pangan yang bergizi dengan harga terjangkau. Air yang memenuhi kriteria yang baik mengandung plankton sebagai indikator paling mudah bahwa air tersebut dapat diaplikasikan untuk budidaya ikan lele.


parameter air kolam lele

Parameter air kolam lele dalam proses budidaya berperan dalam membangun kondisi lingkungan hidup ikan, agar kolam mampu memberikan suasana yang nyaman bagi pergerakan ikan. Tersedianya air yang cukup menjadikan kualitas air cocok dengan syarat hidup ikan, dimana kualitas yang baik harus memenuhi parameter yang disyaratkan seperti tersedianya pakan alami yang cukup serta terhindar dari hal-hal yang merugikan bagi kelangsungan hidup dan perkembangan ikan (hama dan penyakit ikan).

parameter air kolam lele

Suhu
Tiap kenaikan suhu 10 derajat Celcius akan mempercepat reaksi kimia sebesar 2 kali. Racun Amoniak (NH3) berbanding lurus dengan kenaikan suhu, semakin tinggi suhu maka semakin tinggi pula kadar amoniaknya.

Salinitas (Kadar garam)
Salinitas ialah suatu ukuran yang menggambarkan banyaknya kandungan garam yang terlarut di dalam air. Pada suatu tingkat kadar garam tertentu ikan air tawar masih dapat hidup, tetapi penyakit penyebab infeksi tidak dapat hidup.

Derajat Kesaman (pH)
Kesadahan ialah gambaran konsentrasi garam kalsium dan magnesium yang larut dalam air. Kesadahan berfungsi sebagai penjaga stabilitas pH air. pH air yang stabil akan meningkatkan ketahanan tubuh ikan dan mempercepat proses penyembuhan ikan yang terkena penyakit.

Oksigen Terlarut
Sebagai makhluk hidup ikan lele dan hewan air lainnya memerlukan oksigen terlarut demi kelangsungan hidup dan pertumbuhannya. Di dalam kolam atau tambak, sumbernya berasal dari fotosintesis fitoplankton dan diffuse udara. Namun kandungan yang berlebihan bisa mengakibatkan kematian dengan terjadinya emboli dalam pembuluh darah akibat terlalu banyak gelembung udara (gas buble disease). Kondisi seperti ini kerap terjadi pada kolam atau tambak yang sangat subur.

Amoniak
Amoniak merupakan racun bagi ikan. Amoniak di dalam air berwujud NH3 dan ion NH4, khusus untuk NH3 sangat beracun bagi ikan, sedangkan NH4 asal tidak melebihi 3 ppm relatif tidak membahayakan. Apabila pH tinggi dan suhu tinggi karenanya sebagian besar amoniak berubah menjadi NH3.

Demikian ulasan singkat mengenai parameter air kolam lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

cara budidaya lele di buis beton

Budidaya Lele Di Buis Beton

Budidaya lele di buis beton cukup banyak digemari di kalangan para pembudidaya ikan. Apalagi lele …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!