Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

Cacing sutra merupakan sumber pakan utama untuk para pembudidaya, khususnya disegmen pembenihan. Apapun pembenihannya dari ikan air tawr untuk konsumsi sampai dengan budidaya ikan hias cacaing sutra merupakan pakan utama untuk mempercepat pertumbuhan benih tetapi terkadang cacing sudah didapat di daerah tertentu, yang mengakibatkan pertumbuhan benih terganggu. Nah berikut merupakan alternatif Pakan Pengganti Cacing Sutra yang bisa dijadikan pilihan. Yuk kita bahas satu per satu.

 
  1. Kuning Telur

Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

Kuning telur dapat di gunakan sebagai pengganti cacing sutra karena memiliki kandungan protein yang sama dengan cacing. Tapi perlu hati-hati dalam penggunaannya. Karena jika tidak tepat kuning telur yang di berikan ke dalam kolam akan berdampak kepada kualitas air yang menurun. Dan otomatis tidak termakan oleh benih benih yang ada. Nah cara penggunaan kuning telur sebagai pakan pengganti cacing sutra adalah sebagai berikut caranya :

  • Rebus Kuning Telur, diberikan pada hari ke 2 – 4 (2 Hari setelah penetasan)
  • Untuk hari ke-4 sampai hari ke-15 beri Pellet Feng Li 0  ditambahkan dengan Grotop dan fermentasikan dengan BIOKU Fish Probiotik
  • Selanjutnya mulai pf 500 – pf 800 ditambah dengan Feng Li

2. Pakan Pelet yang dihaluskan

Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

Nah alternatif berikutnya pakan pengganti cacing sutra yang dapat dijadikan alternatif adalah pakan pelet dipasaran yang dihaluskan. Pelet tersebut bisa dari pakan benih ukuran 2 minggu atau lebih. Karena dalam proses penghalusannya bisa dilakukan lebih mudah dibandingkan menghaluskan pakan yang berukuran besar. Dan berikut cara untuk menghaluskan pakan pelet:

  • Penggunaan PELLET yg paling halus/serbuk dengan kadar protein 40%.
  • Sebelum diberikana ke bibit lele yg berumur 4 hari sebaiknya pelet tersebut dikukus selama skitar 30 menit dg tujuan supaya butirannya jd lembut dan lembek sehingga mudah dicerna oleh larva lele.
  • Setelah dikukus biarkan dingin dulu kemudian berikan tambahan asupan gizi dari suplemen/multivitamin untuk memacu pertumbuhan dan daya tahan tubuhnya, (GROTOP+PREMIX AQUAVITA) yg dicampurkn. kmudian bentuk gumpalan dan tempelkan di dinding kolam
  • Keterangan:
  • Grotop : vitamin dan enzym pncernaan,
  • Premix Aquavita : suplemen dan multivitamin pemacu pertumbuhan,
  • Aminoliquid= sbg atractan/perangsang nafsu makan.

3. Bubur yang dihaluskan

Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

Bubur yang dimaksudkan disini bukan bubur yang biasa kita makan sehari-hari loh yah. Bubur yang dimaksudkan disini ada kita mencari sumber-sumber protein yang memiliki kandungannya seperti cacing sutra. Dan untuk membuat bubur tersebut berikut caranya :

  • BUBUR, bisa digunakan untuk pengganti cancing sutra. Pengunaanya mulai dari larva berumur  4 hari  -20 hari dan Berikut cara pembuatannya:
  • 2 kuning telur yg sudah direbus
  • nesle kacang ijo 1 bungkus
  • tepung udang 2 sendok
  • tepung tapioka 1 sendok
  • vitamin
  • Caranya semua bahan di atas campurkan dgn air 1 gelas kopi dan aduk sampai larut.lalu digodok hingga kental sampai jadi bubur dan dinginkan. Sudah dingin baru kasihkan ke larva yang di kasih wadah agar kolam tetap bersih. Namun bubur ini hanya tahan 12 jam.

4. ARTEMIA

Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

  Artemia merupakan plankton yang biasa hidup di air artemia ini merupakan zooplankton. Artemia dijadikan sebagai pakan hewan air terutama bagi pembudidaya udang. Artemia ini sangat baik dijadikan sebagai pakan hewan air ( udang, bandeng, Gurame, Tawes) karena artemia ini mempunyai kandungan protein yang tinggi yang berguna untuk pertumbuhan terutama untuk pertumbuhan benih / anak ikan maupun udang.Artemia merupakan jenis crustaceae tingkat rendah dari phylum arthropoda yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi seperti karbohidrat, lemak, protein dan asam-asam amino. Benih ikan dan udang pada stadium awal mempunyai saluran pencernaan yang masih sangat sederhana sehingga memerlukan nutrisi pakan jasad renik yang mengandung nilai gizi tinggi. Nauplius artemia mempunyai kandungan protein hingga 63 % dari berat keringnya. Selain itu artemia sangat baik untuk pakan ikan hias karena banyak mengandung pigmen warna yang diperlukan untuk variasi dan kecerahan warna pada ikan hias agar lebih menarik.

 

Penggunaan artemia pun dapat dilakukan untuk dijadikan pakan pengganti cacing sutra. Tetapi kita harus budidayakan terlebih dahulu agar artemia bertelur dan menghasilkan udang kecing sebagai pakan pengganti cacing sutra

4. Pakan MEM dan NORI

Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

pakan MEM dan NORI ini mungkin masih jarang atau sulit didapat dipasaran. Tetapi pakan asal belgia ini dibuat khusus untuk larva berusia dibawah 10 hari, Penggunaannya pun sama seperti kita memberikan kepada benih pada umumnya. Dan beberapa pembenih juga biasanya mensiasati dengan membuat pasta agar pakan ini bisa tenggelam dan dimakan oleh benih – benih yang ada.

MEM (Micro Extrudded Marumized Feed)

Merupakan pakan untuk pembenihan ikan yang menggunakan sistem budidaya intensif, yang dimana keperluan akan nutrisi dan tingkat kuaitas air merupakan parameter yang sangat penting dalam pembibitan ikan. MEM itu sendiri di prosduksi menggunakan teknologi terbaru, yang meliputi proses gingin Micro Extruction dan Marumerization. Hal ini memiliki tujuan untuk memastikan stabilitas air yang penuh nutrisi larut dan tidak larut dalam pakan serta menghindari penggunaan pengikat bahan kimia.

MEM ( Micro Extruded Marumized Feed ) Pengganti Cacing Sutra Protein 60%
Adalah Pakan untuk Pembibitan ikan yang dibudidayakan dengan Sistem Intensif, dimana kondisi nutrisi dan kualitas air adalah dua parameter yang sangat penting dalam pembibitan ikan.
MeM adalah pakan pembibitan ikan dan udang produksi Belgia untuk sistem budidaya intensif, dimana kondisi nutrisi dan kualitas air adalah dua parameter yang sangat penting diperhatikan.

MeM terbuat dari tepung ikan (super prima / LT), kacang polong, minyak ikan, lesitin kedelai dan gelatin..Protein (60%)

Suhu ruangan penyimpanan Pakan MeM yang baik adalah di tempat yang kering dan sejuk (terbaik pada suhu 4 °C, atau maximal 20 °C)
Intruksi Penggunaan MeM :
Pemberian pakan MeM hanya diperlukan 4-6% dari biomassa ikan per-hari.
adwal Pemberian Pakan MeM pada Larva Ikan :
MeM 200 μm diberikan pada Larva usia hari ke 3-7.

UNTUK INFO HARGA MEM DAN NORI

kolam terpal

Ok, sekian artikel mengenai Pakan Pengganti Cacing Sutra Yang Berkualitas

Smoga bermanfaat yah..

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Manajemen Air Pada Budidaya Lele Yang Baik

Manajemen Air Pada Budidaya Lele Yang Baik

Walaupun memiliki ilmu cukup, modal banyak, lahan luas, dan keinginan kuat; bila air yang ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!