Pakan Alternatif Untuk Budidaya Lele No ratings yet.

Dalam artikel , kami ingin membahas Pakan Alternatif Untuk Budidaya Lele. Harga pakan selalu mengalami peningkatan yang cukup tajam. Hal ini dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar yang tentu saja mengakibatkan para pembudidaya ikan, khususnya lele yang menggunakan pelet sebagai pakan utama harus mulai mencari cara lain. Apalagi harga konsumsi lele yang tidak sesuai harapan dan tak dapat menutupi biaya produksi.


Beberapa pembudidaya lele beralih menerapkan pakan alternatif, dari mulai roti, sosis, ayam, usus, dsb. Hal ini tentu menjadi solusi bagi petani ditengah mahalnya harga pelet. Tetapi timbul persoalan yang jarang disadari ketika menerapkan pakan alternatif, terlebih bagi yang sebelumnya menggunakan pakan pelet.

Pakan Alternatif Untuk Budidaya Lele

Banyak diantara pembudidaya lele yang memakai pakan pilihan yang kurang memperhitungkan kandungan gizi dari pakan pilihan yang diberikan. Kebanyakan memakainya hanya untuk menekan pengeluaran. Hasilnya tentu akan mengakibatkan keadaan sulit lain ketika budidaya, misal air cerpat bau, pertumbuhan yang kurang merata, timbulnya berbagai jenis penyakit, dan lain-lain.

Dalam memberikan pakan alternatif, ada sebagian hal yang wajib diingat, agar profit yang diharapkan benar-benar terwujud, antara lain:

  1. Perhatikan komponen bahan baku dari pakan alternatif.
    Pembudidaya lele yang menggunakan pakan alternatif wajib jeli dalam memilih pakan apa yang akan diberikan. Hal ini didorong dengan pengetahuan kita memilih pakan alternatif dengan bahan baku yang pas. Misalnya, meberikan ayam yang bahan dasarnya daging biasanya mengandung protein dan lemak lebih tinggi dibanding yang lain. Jadi kita perlu memperhatikan jenis dan waktu pemberian pakan alternatif.
  2. Ketersediaan Pakan
    Budidaya lele (pembesaran) berlangsung kurang lebih antara 2-4 bulan per siklus. tergantung teknik dan pakan yang diterapkan. Usahakan gunakan pakan alternatif yang selalu tersedia dan mudah didapatkan.
  3. Harga Pakan Alternatif
    Ini penting, harga pakan alternatif sebaiknya betul-betul diperhitungkan. Hal ini terkait tujuan menggunakan pakan alternatif adalah untuk menekan biaya sehingga harga pakan alternatif harus disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Intinya penggunaan pakan alternatif sangat baik bagi Anda yang ingin menekan biaya produksi, namun tetap harus memperhatikan beberapa hal sebagai bahan pertimbangan sebelum menerapkannya. Jangan sampai tujuan awal untuk menekan biaya justru berbalik berbuah kerugian.

Sekian artikel mengenai Pakan Alternatif Untuk Budidaya Lele.

Smoga bermanfaat

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!