Pakan Alternatif Dedak Untuk Lele

Dalam artikel ini kami ingin membahas Pakan Alternatif Dedak Untuk Lele.

 

Cara Membuat Pakan Alternatif Dedak Untuk Lele

1. Persiapan Bahan Pakan

Pakan Alternatif Dedak Untuk Lele

Untuk membuat pakan ikan lele dedak halus ini, ada beberapa bahan penting yang harus dipersiapkan. Beberapa bahan tersebut antara lain:

Pelet sebanyak 2.5 kilogram
Dedak sebanyak 5 kilogram
Garam sebanyak 5 sendok makan
Ikan asin sebanyak 0.25 kilogram
Air sebanyak 5 liter
Minyak goreng secukupnya.

2. Persiapan Wadah
Sesudah semua bahan untuk pakan menggunakan dedak halus telah siap, maka ada beberapa wadah dan peralatan yang harus dipersiapkan. Siapkan wadah atau tempat yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan dedak beserta dengan bahan-bahan lainnya. Baik dedak halus ataupun dedak kasar, wadah yang dapat digunakan adalah ember besar untuk mencampur semua bahan.

3. Persiapan Bahan Tambahan
Siapkan juga bahan tambahan dan juga campuran yang nantinya akan ditambahkan dalam pakan ikan lele dedak halus. Dapat menggunakan pelet untuk melembutkan dan menghaluskan tekstur dedak halus dan juga kasar. Gunakan jenis pelet yang di dalamnya mengandung 20% protein. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mempercepat proses pertumbuhan lele karena protein yang akan berperan paling penting di pencernaan ikan lele.

4. Tambahkan Garam
Menambahkan garam dalam campuran pakan ikan lele dedak halus ini berguna untuk mengawetkan dan juga menjaga gizi yang terkandung dari seluruh bahan-bahan selama proses memasak sehingga tak sampai merusak gizi yang terkandung dalam bahan. Supaya aroma pakan ikan lele dedak halus ini dapat ditingkatkan, maka penambahan ikan asin bersama seluruh bahan sangat penting dilakukan.

 

5. Tambahkan Minyak Goreng Sayur
Bahan berikutnya yang bisa ditambahkan dan dicampurkan dalam bahan yakni minyak goreng sayur. Kegunaan dari minyak sayur ini ialah untuk menambah aroma pakan ikan lele supaya baunya lebih menyengat sehingga bisa dikonsumsi ikan lele dengan lahap. Apabila aroma atau bau yang dihasilkan dari adonan, maka penambahan minyak goreng sayur ini bisa ditambahkan secukupnya saja.

6. Aduk Semua Bahan
Setelah semua bahan pakan telah masuk ke dalam ember, maka campur hingga rata semua bahan tersebut kemudian tambahkan  air secukupnya. Aduk semua bahan secara perlahan hingga semua bahan tersebut membentuk adonan yang kental.

7. Mengukus Adonan
Pindahkan adonan yang telah jadi tersebut ke dalam panci untuk mengukus. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 1 jam. Seandainya warna adonan telah berubah warna menjadi matang dan tercium aroma yang sangat harum bahkan hingga tercium seperti ketika membuat kue. Seandainya warna adonan telah berubah warna menjadi coklat tua, maka ini merupakan ciri bila adonan telah matang. Angkat adonan tersebut kemudian diamkan.

8. Siapkan Wadah Penyimpanan
Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk metode membuat pakan pelet dalam budidaya lele sangkuriang di kolam terpal dari dedak halus merupakan menempatkan adonan pakan yang telah matang hal yang demikian sebaiknya dimasukkan dalam daerah atau wadah yang memiliki sebagian lubang kecil dengan tujuan supaya air dalam pakan hal yang demikian bisa keluar. Diamkan makanan lele dari dedak hal yang demikian selama sekitar 24 jam atau selama semalam sebelum nantinya akan diberi untuk budidaya lele dalam kolam beton, kolam tanah dan juga pemeliharaan kolam.

9. Sistem Pemberian Pakan Ikan Lele

Sesudah proses pembuatan pakan ikan lele dari dedak telah dilakukan, langkah berikutnya yang bisa dipersiapkan ialah cara pemberian pakan pada ikan lele sebelum nantinya bisa diberi sebagai pakan organik, sebagai berikut:

  • Kepalkan pakan ikan lele yang telah jadi tersebut lalu masukkan ke dalam kolam.
  • Selain sangat disukai ikan lele, aroma kuat yang dihasilkan dari bahan alami ini juga bisa menambah nafsu makan ikakn lele.
  • Berikan pakan ini minimal sebanyak 2 kali sehari dan untuk waktu pemberian pakan ikan lele ini sebaiknya saat malam hari.
  • Agar aroma yang dihasilkan dari pakan ikan lele bisa bertambah kuat, maka setiap kali pakan akan diberikan dapat disemprotkan minyak sayur.
  • Dan terakhir jadi deh Pakan Alternatif Dedak Untuk Lele

Sekian artikel mengenai Pakan Alternatif Dedak Untuk Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Fermentasi Dedak Untuk Lele

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Fermentasi Dedak Untuk Lele. Dedak ialah limbah yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!