Obat Bibit Lele Menggantung

Halo sahabat sangkuti kembali lagi bersama mimin yang tentunya membahas tips terkait budidaya perikanan, sekarang yang akan dibahas sahabat sangkuti yaitu mengenai obat bibit lele menggantung. Banyaknya penyakit yang sering menyerang dalam pemeliharaan ikan lele salah satunya ialah penyakit lele menggantung pun sering terjadi. Maka dari itu perlu bagi kita untuk mempelajari bagaimana cara mengobati ikan lele yang terserang penyakit menggantung.

obat bibit lele menggantung

Sebelum mengetahui cara mengobati lele menggantung mari kita pelajari gejala dan penyebab dari lele menggantung. Lele menggantung dikatakan sebagai aktivitas yang sering terjadi dimana posisi kepala lele barada di atas atau posisinya keluar dari air kolam dan ekor berada dibawah. Pada posisi ini lele menggantung tidak 100% vertical tetapi ada yang posisinya miring. Penyebab dari aktivitas lele menggantung ialah lingkungan kolam yang menjadi tempat hidup lele. Sehingga kondisi air kolam dalam pemeliharaan harus di atur dengan baik. Bebrapa gejala yang diakibatkan dari aktivitas lele menggantung diantaranya:

  • Terdapat penyakit non infeksius

Serangan penyakit non infeksius sering terjadi dalam budidaya sering terjadi salah satunya pada ikan lele. Penyebab dari penyakit non infeksius ini ialah terdapat hipoksida dalam kolam pemeliharaan. Timbulnya penyakit hipoksida dapat menurunkan kadar oksigen dalam kolam. Kadar oksigen yang menurun dapat meningkatkan amoniak dalam air kolam sehingga mengakibatkan lele menggantung secara massal.

  • Ikan lele menggantung pada malam hari

Serangan dari lele menggantung ialah lele menggantung pada malam hari. Hal ini disebabkan kandungan oksigen terlarut dalam kolam terus berkurang sehingga membuat suhu dasar kolam menjadi dingin. Kemudian lele menggantung menandakan keadaan pH air kolam tidak netral.

  • Akitivitas ikan lele menurun

Akibat dari aktivitas lele menggantung menyebabkan ikan lele menjadi tidak gesit pada malam hari sedangkan ikan lele termasuk makhluk hidup nokturnal. Aktivitas ikan lele menurun dapat menandakan ikan lele menjadi stress. Sehingga lele menggantung dapat mempengaruhi seluruh aktivitas ikan lele tidak menjadi optimal.

Berikut merupakan beberapa penyebab lele menggantung

  • Kadar amoniak yang tinggi
  • pH air tidak sesuai
  • Kadar Pemberian Pakan
  • Ikan lele stress

Dalam permasalahan lele menggantung sehingga ditemukan beberapa cara mengatasi ikan lele menggantung diantaranya mengatur jumlah pakan dengan baik, pergantian air kolam secara rutin dan melakukan beberapa perawatan kolam. Selain itu beberapa rekomendasi terkait obat yang biasa diberikan saat terjadi aktivitas lele menggantung diantaranya:

  • GDM Black Bos

GDM Black Bos merupakan Bio  Organic Stimulant berebntuk konsentrat tinggi (pasta). Cara pemakaian obat ini yaitu pertama-tama ikan lele dipuasakan terlebih dahulu minimal 12 jam sebelum air diganti. Pergantian air pada kolam sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Pembuangan air kolam minimal 20% dan maksimal 50%. Kemudian ditambahkan GDM Black Bos sebanyak 50 gr/m3. GDM Blac Bos berfungsi dalam mengurangi kadar amoniak dalam kolam dikarenakan terdapat bakteri premium Pseudomonas stutzeri. Kemudian setelah ditambahkan GDM black bos tambahkan Kembali jumlah air yang sesuai dengan dikeluarkan sebelumnya. Disarankan setelah pemberian obat tersebut tidak dilakukan pemberian pakan selama satu hari setelah pergantian air kolam.

  • Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan

Saat lele mengalami keadaan menggantung sebaiknya dilakukan perawatan dengan memberikan probiotik yang mengandung bakteri premium. Beberapa bakteri bacillus yang dibutuhkan dalam perikanan agar kualitas kolam membaik yaitu Bacillus mycoides, Bacillus pumillus, dan Bacillus brevis. Sehingga pemberian suplemen organic cair GDM spesialis perikanan dapat meningkatkan perawatan kolam. Pemberian suplemen tersebut dalam kolam ikan lele sebanyak 6 ml/m3 setiap seminggu sekali.

Pengobatan lele menggantung juga dapat dilakukan secara herbal yaitu untuk lele yang menggantung dapat direndam dalam campuran air yang ditambah bawang putih. Selain itu dapat diberikan taburan garam pada kolam yang terdapat benih lele menggantung agar bakteri tidak cepat datang. Setelah pengobatan dilakukan pisahkan ikan yang masih terlihat sehat ke kolam pemeliharaan yang baru.

Inilah artikel mengenai obat bibit lele menggantung, bagaimana sahabat sangkuti untuk pengetahuan barunya, salam sukses budidaya.

Baca Juga: Mengenali Keramba Jaring Apung

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Fitoplankton Makanan Kutu Air

Halo sahabat sangkuti mimin disini mau berbagi pengetahuan baru ternyata fitoplankton makanan kutu air yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍