Mengenali Ikan Nila Nirwana

Ikan nila dengan nama latin Oreochromis niloticus terdiri dari banyak strain salah atunya yaitu mengenali ikan nila nirwana. Ikan nila merupakan salah satu komoditas air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat. Dagingnya yang pejal dan manis menjadi salah satu faktor tingginya permintaan ikan nila di pasar. Tingginya permintaan ikan nila harus diimbangi dengan angka produksi ikan nila. yuk mengenali ikan nila nirwana.

mengenali ikan nila nirwana

Ikan nila hidup di perairan tawar hingga air yang memiliki salinitas. Ikan nila cenderung mudah beradaptasi dan tahan terhadap serangan penyakit. Perkembangan ikan nila di Indonesia terbilang cukup pesat, berbagai strain ikan nila yang saat ini di kembangkan di Indonesia diantaranya yaitu nila Nirwana I, Nila nirwana II, nila Nirwana II, ikan nila GIFT merah, ikan nila GIFT hitam, ikan nila GESIT, ikan nila Larasati, ikan nila merah NIFI, ikan nila local, ikan nila kekar, ikan nila citralada, ikan nila pandu, dan masih banyak strain ikan nila yang lain. Ikan Nila Nirwana merupakan jenis ikan nila yang di kembangkan sebagai hasil perbaikan genetik yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Benih Ikan Air Tawar (BPBIAT) Wanayasa ,Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sejak tahun 2006. Alasan utama diadakan rekayasa perbaikan genetik pada ikan nila yaitu adanya keluhan para pembudidaya lokal mengenai lambatnya pertumbuhan pada ikan nila yang dipelihara. Pertumbuhan ikan nila yang lambat menyebabkan produktivitas kolam budidaya menjadi kurang optimal, hal ini juga dapat menyebabkan penghasilan para pembudidaya menurun. Pertumbuhan ikan nila yang lambat disebabkan perkawinan acak antar ikan nila, sehingga benih yang dihasilkan merupakan benih dengan kualitas yang buruk akibat adanya penurunan kualitas genetik. Daya tahan tubuh ikan nila yang dihasilkan juga akan menurun.

Rekayasa genetik yang dilakukan pada ikan nila nirwana dilakukan dengan menggunakan metode seleksi individu dengan menggunakan seleksi famili. Ikan nila nirwana merupakan hasil persilangan antara ikan nila GIFT dengan ikan nila GET yang diperoleh dari Filipina yang merupakan hasil Kerjasama antara Balai Pengembangan Benih Ikan (BPBI) dan IPB University. Proses seleksi induk dilakukan secara ketat terhadap 18 famili ikan nila GIFT dan 24 famili ikan nila GET guna menghasilkan benih ikan nila Nirwana yang berkualitas tinggi. Benih-benih yang dihasilkan selanjutnya akan di seleksi secara ketat dilihat dari performa pertumbuhan dan ciri fisiknya. 10 pasang ikan yang dihasilkan dari 500 ekor benih yang dihasilkan oleh tiap pasang famili yang diseleksi akan dijadikan sebagai GGPS atau Great Grand Parent Stock. GGPS tersebutlah yang kemudian disebut sebagai ikan Nila Nirwana. GGPS yang dihasilkan kemudian akan menghasilkan GPS atau Grand Parent Stock yang nantinya akan menghasilkan induk sebar atau PS (Parent stock) yang merupakan induk akhir yang akan menghasilkan benih sebar untuk kebutuhan budidaya ikan nila bagi para pembudidaya. Benih hasil turunan ikan nila nirwana terjamin dan memiliki kualitas yang sama dengan nila nirwana (GGPS).

Keunggulan yang dimiliki ikan Nila Nirwana jika dibandingkan ikan nila lain yaitu pada pemeliharaan stadia larva hingga mencapai bobot 650 gr per individu hanya memerlukan waktu pemeliharaan sekitar 6 bulan, ikan nila nirwana memiliki bentuk tubuh yang lebih lebar jika dibandingkan jenis ikan nila yang lain, memiliki daging yang tebal sehingga cocok untuk dimanfaatkan sebagai produk akhir fillet ikan nila. Ikan nila nirwana telah masuk ke dalam pasar ekspor, salah satu negara yang turut dalam proses ekspor ikan nila Nirwana yaitu Filipina dengan rata – rata volume ekspor sebesar 100.000 ekor per dua minggu itahun 2015-2016.  

Perkembangan ikan nila nirwana:

1. Ikan nila nirwana generasi I

Ikan nila nirwana generasi I merupakan ikan nila nirwana yang memiliki keunggulan pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan ikan nila jenis lain dan memiliki nilai FCR yang rendah

2. Ikan nila nirwana generasi II

Ikan nila nirwana generasi II di sah kan pertama kali pada bulan April 2012. Ikan nila Nirwana II memiliki tingkat pertumbuhan lebih cepat hingga 15%, dapat dipanen dalam jangka waktu enam bulan setelah tebar dengan bobot individu hingga mencapai 1 kilogram dibandingkan jenis ikan nila nirwana I. Ikan nila Nirwana II memiliki bentuk tubuh lebih lebar dan kepala yang lebih pendek serta memiliki struktur daging yang tebal.

3. Ikan nila nirwana generasi III

Ikan nila nirwana generasi III memiliki keunggulan berupa pertumbuhan yang lebih cepat hingga mencapai 30%, proses panen dapat dilakukan 2 bulan setelah masa tebar, presentase anak jantan yang dihasilkan dapat mencapai 80% sehingga akan di hasilkan ikan nila nirwana dengan pertumbuhan yang lebih cepat, nilai FCR atau Feed Convertion Ratio berada pada nilai 1,4.

Tingkat pertumbuhan yang lebih cepat pada ikan nila nirwana dapat dijadikan solusi dari permasalahan para pembudidaya. Pertumbuhan ikan nila nirwana yang lebih cepat dapat menghemat pengeluaran selama proses budidaya. Sekian dulu untuk sharing-sharing terkait ikan nila nirwana. Apakah akan ada ikan nila nirwana generasi berikutnya yang memiliki kualitas lebih baik dari ikan nila nirwana generasi 3? Tunggu perkembangan selanjutnya!

Baca Juga : Bintik Putih Ikan Lele Kok Bisa?

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Fitoplankton Makanan Kutu Air

Halo sahabat sangkuti mimin disini mau berbagi pengetahuan baru ternyata fitoplankton makanan kutu air yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍