Mengenal Strain Nila Gift

Halo Sahabat Sangkkuti kembali lagi bersama mimin sekarang kita akan membahas salah satu komoditas ikan air tawar di Indonesia yaitu mari kita mengenal strain nila gift. Ikan nila (Oreochromis niloticus) berasal dari Afrika dan telah diperkenalkan hampir ke seluruh negara tropis di dunia. Tahun 1989 ikan nila hitam didatangkan dari Thailand yaitu strain Chitralada dan dari Flipina tahun 1994 dan 1997 yaitu mengenal strain nila GIFT, sedangkan jenis ikan nila merah didatangkan dari Thailand tahun1989 yaitu strain Red NIFI. Ikan nila juga merupakan salah satu komoditas perikanan budidaya air tawar yang penting di Indonesia. Ikan nila disenangi tidak hanya karena rasa dagingnya yang khas, namun karena laju pertumbuhan dan perkembangbiakkannya yang relatif cepat. Karenanya, di kalangan peternak ikan, ikan nila dijadikan komoditas unggulan. Selain mudah dikembangbiakkan, pertumbuhan badannya lebih pesat dibandingkan nila hitam. Dalam tempo enam bulan dari ukuran benih 30g dapat mencapai berat 300 g/ekor – 500 g/ekor. Agar lebih dekat dengan ikan ini mari kita bahas dan mengenal strain nila gift.

mengenal strain nila gift

Ikan nila GIFT (Genetic Improvement for Farmed Tilapia) secara genetiknya diketahui memiliki keunggulan berupa tingkat pertumbuhan dan produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan nila lain. Sifat omnivore pada ikan nila menyebabkan budidayanya akan sangat efisien, hal ini disebabkan dalam biaya pakannya rendah.

Klasifikasi ikan nila gift adalah sebagai berikut :

Filum : Chordata

Class : Pisces

Ordo : Percomorphi

Famili : Cichlidae

Genus : Oreochromis

Spesies : Oreochromis niloticus

Ciri-ciri ikan nila gift

Secara fisik dapat dilihat dari bentuk tubuh ikan nila gift yang memanjang dan ramping dilengkapi dengan adanya sisik-sisik yang berukuran besar. Ukuran kepala ikan nila gift relatif kecil dan tubuh dari strain ikan nila jenis ini cenderung lebih pendek dengan perbandingan panjang dan tinggi 2:1. Sama dengan strain ikan nila lain ikan nila strain gift memiliki lima buah sirip, berupa sirip punggung (dorsal fin), sirip dada (pectoral fin), sirip perut (ventral fin), sirip anus (anal fin), sirip ekor (caudal fin). Terdapat jari-jari lemah pada sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor. Mata ikan nia strain gift berukuran besar dan menonjol dengan tepi berwarna putih. Terdapat gurat sisi (linea lateralis) terputus di bagian tengah tubuh, kemudian berlanjut lagi namun untuk letaknya lebih kebawah dibanding garis memanjang di atas sirip dada. Terdapat 34 jumlah sisik pada gurat sisi.

Ikan nila memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan ikan yang lain yaitu mudah dipelihara di berbagai media pemeliharaan, produksi atau pembibitan mudah, bereproduksi setiap bulan, mempunyai daya tahan tinggi terhadap lingkungan yang ekstrim dan mempunyai nilai ekonomis serta gizi yang tinggi. Keunggulan ikan nila lainnya adalah memiliki rasa yang spesifik, daging padat, mudah disajikan, tidak mempunyai banyak duri, mudah didapatkan serta harganya yang relatif murah. Produksi ikan nila di Indonesia terus meningkat sejak tahun 2009, yaitu mencapai 99.969 ton. Menurut Badan Pusat Statistik pada tahun 2019 produksi ikan nila secara nasional terus mengalami peningkatan, produksi tahun 2016 sebesar 1.114.156 ton, sedangkan tahun 2017 meningkat menjadi 1.265.201 ton. Produksi hingga triwulan III tahun 2018 tercatat 579.688 ton. Permintaan ikan nila mengalami peningkatan, sehingga potensi pengembangan budidaya ikan nila sangat besar. Ikan nila mempunyai keberlangsungan hidup dan pertumbuhan yang relatif lebih cepat, omnivora, adaptasi luas, toleransi tinggi terhadap kondisi lingkungan, dan tahan terhadap serangan penyakit. Pada pembesaran ikan nila, kualitas dan kuantitas pakan sangat dipengaruhi. Pemanfaatan pada pakan adalah salah satu faktor yang sangat penting unutk meningkatakan pertumbuhan ikan nila. Saat ini perkembangan budidaya ikan nila di Indonesia cukup pesat, salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung dan mendorong percepatan produksi dalam ikan nila adalah dengan mempersiapkan kebutuhan ikan nila baik secara kualitas maupun kuantitas.

Habitat

Habitat ikan nila menyukai kondisi lingkungan perairan tawar yang tidak terlalu deras atau cenderung lebih tenang, seperti pinggiran sungai, danau, waduk, dan rawa-rawa, akan tetapi karena ikan nila bersifat euryhaline sehingga ikan nila dapat hidup di air payau dengan toleransi salinitas 31-35 ppt tetapi pertumbuhannya akan lambat. Ikan nila mampu hidup lebih baik dan optimal di daerah dengan ketinggian 150 – 600 meter di atas permukaan laut dan pada suhu antara 28 – 30°C, Dissolved Oxygen (DO) antara 2,0 – 2,5 mg/l, dan pH berkisar 6 – 9.

Kendala penyakit

Penyakit yang menyerang dalam kegiatan budidaya ikan nila pada stadia benih dapat menyebabkan kerugian hingga 80%. Kasus kematian ikan akibat infeksi bakteri Aeromonas hydrophila dan Streptococcus sp. menjadi penghambat keberhasilan produksi budidaya ikan Nila di Indonesia. Timbulnya penyakit akibat infeksi Motile Aeromonas Septicemia (MAS) dan Streptococcosis tersebut dapat terjadi karena rendahnya ketahanan tubuh ikan, lingkungan pemeliharaan yang buruk, serta manajemen pemberian pakan yang tidak baik. Kedua jenis penyakit ini menyebabkan masalah pada budidaya ikan dan mengakibatkan kerugian ekonomi karena terjadi kematian ikan yang tinggi dan menurunnya kualitas produk perikanan. Penyakit streptococosis adalah penyakit yang timbul diakibatkan dari bakteri Streptococcus agalactiae, pada hasil laboratorium dinyatakan bahwa infeksi S. agalactiae pada ikan nila akan bersifat akut. Streptococosis menyebabkan ikan berenang whirling, unilateral atau bilateral eksoptalmia, dan warna tubuh menjadi hitam. Gejala tingkah laku ikan nila sebelum mati terlihat seperti berenang lemah dan berada di dasar akuarium, respons terhadap pakan lemah, berenang tidak beraturan, tubuh membentuk huruf-C, perubahan pada warna tubuh, dan bukaan operkulum menjadi lebih cepat.

Sekian dulu perkenalan tentang ikan nila gift, selamat membaca sahabat sangkuti!

Baca Juga: Ikan Nila Gesit, Yuk Kenali

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Fitoplankton Makanan Kutu Air

Halo sahabat sangkuti mimin disini mau berbagi pengetahuan baru ternyata fitoplankton makanan kutu air yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍