Wednesday , 11 December 2019

Mengatasi Penyakit Kulit Lele Dengan Benar No ratings yet.

Kematian dalam jumlah besar аdаlаh salah satu faktor utama penyebab kerugian bаhkаn kebangkrutan dalam usaha budidaya lele, kematain tеrѕеbut rata-rata terjadi karena ikan lele terinfeksi virus maupun kuman. Salah satu penyebabnya уаіtu kuman Aeromonas sp. уаng menyebabkan luka kemerahan pada tubuh dan terdapat luka luar seperti borok. Penyakit уаng menginfeksi ikan lele dараt dicegah. Namun untuk mengatasi penyakit ini, kebanyakan pembudidaya ikan menggunakan obat-obatan kimia yang bila digunakan secara terus menerus dalam kurun waktu yang cukup lama dapat berpengaruh buruk pada lingkungan budidaya itu sendiri. Ada pilihan lain yang bersifat alami dan aman untuk mengatasi penyakit kulit lele dengan benar yakni dengan menggunakan daun meniran (Phylanthus urinaria) dan bawang putih (Allium sativum).


mengatasi penyakit kulit lele dengan benar

Daun meniran dan bawang putih yang bagi manusia dapat berkhasiat sebagai pencegah infeksi virus dan kuman, serta mendorong sistem kekebalan tubuh, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit Aeromonas pada ikan lele. Berdasarkan penelitian tahun 2008, pengaplikasian daun meniran dan bawang putih pada ikan yang terkena penyakit Aeromonas dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup ikan hingga 25-30%. Cara membuat obat dari tepung daun meniran dan bawang putih ini relatif gampang. Daun meniran dibersihkan lalu dikeringkan tanpa terkena sinar matahari selama 3 hingga 4 hari. Sesudah kering kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender. Untuk membuat tepung bawang putih dimulai dengan mengupas bawang putih dan diiris tipis-tipis. Selanjutnya dikeringkan tanpa menggunakan sinar matahari selama 3 hingga 4 hari dan dimasukkan ke dalam oven selama 1 jam dengan suhu 60 derajat Celcius. Jika sudah kering kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender.

mengatasi penyakit kulit lele dengan benar

Langkah terakhir yaitu dengan mencampur tepung daun meniran dan tepung bawang putih dengan pakan pellet. Perbandingan daun meniran dengan bawang putih yang diterapkan yaitu 2 : 1. Hasil dalam penelitian menyebutkan penggunaan dosis 2,1% tepung meniran dan bawang putih yang dicampur pada pakan, sangat tepat untuk pencegahan infeksi Bakteri Aeromonas hydrophila pada ikan lele dan bisa meningkatkan kelangsungan hidup 25 hingga 30% pada ikan yang terinfeksi.

Demikian ulasan singkat mengenai mengatasi penyakit kulit lele dengan benar, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Budidaya atau ternak ikan lele adalah salah satu kesempatan bisnis menguntungkan yang dapat Anda manfaatkan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!