Manfaat Daun Sirih Pada Ikan Lele

Kali ini kami ingin membahas Manfaat Daun Sirih Pada Ikan Lele. Ciri-ciri ikan terkena penyakit yang disebabkan oleh parasit, lazimnya terdapat bintik-bintik yang berwarna putih pada lapisan kulit serta sirip dan insang. Ternyata parasit bisa di atasi dengan memakai tanaman herbal yang ada disekitar kita. Salah satunya merupakan daun sirih.

 

Manfaat Daun Sirih Pada Ikan Lele

Khasiat sirih diaplikasikan sebagai penahan darah dan vulnerary obat luka pada kulit juga berdaya guna sebagai antioksida, antiseptik, fungisida, dan bakterisidal. Hal ini membuktikan bahwa daun sirih yang mengandung minyak atsiri bersifat menghalangi pertumbuhan parasit dan berdasarkan penelitian menandakan bahwa minyak yang terkandung dalam daun sirih dapat menghalangi pertumbuhan parasit protozoa pada ikan, tetapi dalam penerapannya patut melihat ketahanan ikan terhadap air rebusan daun sirih tersebut. Dosis yang terlalu tinggi dapat berdampak negatif tidak cuma terhadap parasit tetapi juga terhadap ikan.

Hasil penelitian menunjukan pengobatan dengan sistem perendaman dengan mengaplikasikan bahan natural daun sirih bisa menghalangi perkembangbiakan parasit lchthyophthirius multifiliis. Hasil pengamatan kepada gejala klinis dari ikan sebelum dan sesudah perendaman dilakukan dengan daun sirih menunjukan perbedaan yang kongkrit. Sebelum perendaman, ikan yang terserang parasit lch menunjukan gejala terdapat bintik-bintik putih kecil berwarna putih pad akulit, sirip dan insang. Sering juga nampak selaput putih abu-abu pada lensa mata ikan. Ikan yang telah terinfeksi berat oleh parasit ini akan nampak lemah, kerap kali menyendiri dan menggosok-gosokan ke dasar kolam. Selanjutnya ikan akan mengapung atau berada pada permukaan  dengan insang telah penuh kista parasit lchthyophthirius multifiliis.

 

Parasit lch yang menyerang insang mengakibatkan insang berwarna merah kehitaman, lamella insang berwarna pucat dan hilangnya fungsi insang, setelah perendaman, ikan yang terserang parasit lch menunjukan perubahan seperti warna pada tubuh kembali cemerlang dimana bintik tubuh yang ada pada kulit telah sirna, juga pada sirip ekor, punggung, dada dan perut. Kondisi mata kembali seperti pada ketika ikan masih sehat yakni kehitaman pada lensa mata kelihatan jernih.

Dalam melaksanakan pengobatan juga perlu dipertimbangkan metode parasit melakukan penetrasi ke ikan. Hal ini akan menentukan metode pengobatan yang dipilih.

Sekian artikel mengenai Manfaat Daun Sirih Pada Ikan Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Membuat Aquaponik Lele

Kali ini kami ingin membahas Cara Membuat Aquaponik Lele. Dengan teknik pembudidayaan lele sangkuriang dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!