Manfaat Chlorella Pyrenoidosa

Kali ini kami ingin membahas tentang Manfaat Chlorella Pyrenoidosa. Chlorella Pyrenoidosa ialah alga hijau bersel tunggal yang hidup di air tawar, air laut, dan pada tempat-tempat yang berair. Alga ini memiliki tubuh seperti bola. Di dalam tubuhnya terdapat kloroplas yang berbentuk mangkok. Perkembangbiakannya terjadi secara vegetatif dengan cara membelah diri. Setiap selnya mampu membelah diri dan mewujudkan empat sel baru yang tidak memiliki flagel. Alga ini diterapkan di lab untuk penyelidikan fotosintesis.

Manfaat Chlorella Pyrenoidosa

Chlorella merupakan whole food, sumber paling baik bagi protein, karbohidrat, segala tipe vitamin B, C, E, dan mineral langka (dengan zat besi dan zat seng dalam jumlah yang cukup untuk dianggap sebagai suplemen). Dapat dikatakan chlorella ialah makanan yang paling komplit dan mengandung vitamin B12 yang tinggi. Chlorella lebih banyak mengandung klorofil per-gramnya dari pada tumbuhan manapun di dunia.

PERBEDAAN ALGA SPIRULINA DENGAN ALGA CHLORELLA
Kandungan pigmen atau zat warna Alga Spirulina hanya klorofil (hijau), Karotenoid (jingga), Betakatoten (jingga kemerahan), dan Phycocianin (biru). Secara garis besar kandungan nutrisi pada Alga Spirulina yaitu sebagai berikut:
Protein 60-70%,
Karbohidrat 15-25%,
Lemak 6-8%,
Mineral dan vitamin 7-13%,
Serat 8-10%.

Sementara, Alga Chlorella hanya mengandung pigmen klorofil (hijau) dan kandungan nutrisinya secara umum yaitu:
Protein 45%,
Karbohidrat 20%
Lemak 20%
Mineral dan vitamin 10%.
Serat 5%

Alga Chlorella Pyrenoidosa juga digunakan untuk menghilangkan nutrient dan logam berat pada air limbah. Mikroalga ini bisa digunakan dalam bidang budidaya terutama untuk menjaga kualitas air terhadap kandungan amonia, nitrat dan meningkatkan kandungan oksigen dalam air, terutama pada kolam ikan.

CIRI ALGA CHLORELLA
Wujud sel Chlorella bulat, alga bersel tunggal (uniseluler), dan kadang-kadang bergerombol. Chlorella memiliki diameter sel berkisar antara 2 − 8 mikron, berwarna hijau karena klorofil merupakan pigmen yang dominan. Dinding selnya keras terdiri atas selulosa dan pektin. Sel ini memiliki protoplasma yang berbentuk cawan. Chlorella bisa bergerak tapi sangat lambat sehingga jika dilihat secara langsung seakan-akan tak bergerak.

HABITAT ALGA CHLORELLA
Menurut habitat hidupnya, ada dua varian Chlorella yakni Chlorella yang hidup di air tawar dan Chlorella yang hidup di air laut. Chlorella bersifat kosmopolit yang bisa tumbuh dimana-mana.

Sekian artikel mengenai Manfaat Chlorella Pyrenoidosa

SMoga bermanfaat 🙂

Nilai Kualitas Konten

About mugi nugroho

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Lele Kolam Terpal Apa saja?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍