Tuesday , 25 September 2018

Maggot Sebagai Pakan Lele

Kali ini kami ingin membahas Maggot Sebagai Pakan Lele. Pakan merupakan elemen yang membutuhkan biaya terbesar dalam budidaya ikan lele. Sehingga menurunkan biaya pakan dengan menggunakan pakan alternatif yang lebih murah atau praktis dapat meningkatkan profit. Belatung atau maggot mungkin salah satu alternatif pakan substitusi pelet lele yang dapat menjadi pertimbangan. Bermula dari pembuatan kompos, sesudah proses pengomposan berjalan kurang lebih 3 minggu, dari kompos tersebut keluar belatung. Beberapa belatung akan berubah menjadi pupa dan menetas menjadi sejenis lalat.

 

Maggot Sebagai Pakan Lele

Belatung tersebut mirip dengan larva atau belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens. Belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens sendiri terbukti sudah dibudidayakan karena mempunyai beraneka keunggulan. Diantaranya yaitu kadar proteinnya yang tinggi sekitar 40 % dan kadar lemak sekitar 30 % sehingga bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan dan unggas.

Belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens bisa merubah sampah menjadi protein dan lemak serta mengurangi massa sampah antara 50 % hingga 60 % sehingga bisa dipakai sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran limbah organik. Dengan adanya larva Hermetia Illuscens juga diketahui dapat menghambat atau mengurangi hadirnya larva lalat rumah yang bisa menjadi sumber penyakit.

 

Beraneka ragam sampah dapat menjadi tempat berkembangnya larva atau belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens. Diantaranya ialah sampah sayuran, sampah rumah tangga, sisa makanan yang membusuk, kotoran binatang dan bangkai binatang.

Panen belatung atau maggot tak terlalu sulit. Belatung yang akan menjadi pupa memiliki kecenderungan untuk berpindah tempat mencari wilayah yang dirasa aman. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah cara kerja pemanenan dengan membikin semacam tempat jebakan sehingga belatung yang berpindah-pindah berkumpul pada satu area.

Lalat dewasa dari Hermetia Illuscens belum dikenal sebagai sumber penyakit sebab lalat dewasa tak membutuhkan makanan sehingga tak berminat terhadap makanan manusia.

 

Sekian artikel mengenai Maggot Sebagai Pakan Lele. Mudah-mudah artikel ini bisa membantu anda dalam budidaya lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cara Budidaya lele Sistem Resirkulasi

Dalam artikel ini kami ingin membahas Cara Budidaya lele Sistem Resirkulasi. Catfish farming in recirculation system …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!