Larva Lele Cepat Besar Dengan Pakan Alami

Halo sahabat sangkuti, kali ini kita akan membahas terkait pemanfaatkan pakan alami sebagai cara agar larva lele cepat besar. Saat ini para pembudidaya ikan lele butuh untuk meningkatkan produksi ikan lele, sehingga penyediaan larva yang cukup dan berkualitas pada budidaya pembenihan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Adapun larva lele yang memiliki kualitas bagus tentunya sangat ditentukan oleh pakan yang diberikan. Pemberian pakan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kelulushidupannya. Apabila pemberian pakan terhadap larva tidak dapat memenuhi kebutuhan jumlah dan nutrisi yang dibutuhkan, maka akan berdampak pada ketersediaan larva ikan lele yang akan terus mengalami penurunan, sehingga hal ini juga akan berdampak pada pertumbuhan yang tidak optimal dan mengakibatkan tingkat kelulushidupannya menjadi rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan sebagai cara agar larva lele cepat besar yaitu dengan meningkatkan pengkayaan terhadap pakan alami yang akan diberikan kepada larva lele.

Pakan alami merupakan pakan yang terbaik untuk budidaya ikan seperti ikan lele. Hal ini karena pakan alami mempunyai kandungan nutrisi yang tidak bisa digantikan oleh pakan buatan. Daphnia sp. merupakan zooplankton yang dapat berperan sebagai pakan alami terbaik untuk pemeliharaan larva ikan air tawar, termasuk ikan lele. Kondisi ini karena nutrisi yang terkandung dan ukuran yang dimiliki oleh Daphnia sp. ini sesuai dengan bukaan mulut dan kebutuhan nutrisi larva lele. Kandungan nutrisi dari pakan alami Daphnia sp. terutama protein dan lemak sangat dibutuhkan oleh larva ikan untuk pertumbuhan dan sistem imunitasnya. Kandungan protein Daphnia sp. berkisar 42-54%, kandungan lemak berkisar 6,5-8% dari berat keringnya, dan asam lemak linoleat dan linolenatnya berkisar 7,5 dan 6,7%. Pemberian pakan dengan larva Daphnia sp. berukuran ≤ 0,5 mm sudah dapat diberikan pada larva lele pada minggu pertama, sedangkan Daphnia sp. berukuran 0,6- 1,0 mm baru diberikan pada minggu kedua. Pemberian pakan alami ini dapat dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari selama 14 hari.

larva lele cepat besar

Jenis pakan alami lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan larva lele juga yaitu dengan memanfaatkan pakan alami Moina sp. Moina sp. merupakan kelompok udang renik yang termasuk dalam filum Crustacea dan subordo Cladocera. Ukuran Moina sp. berkisar 500-1.000 µm sangat cocok digunakan sebagai pakan awal larva ikan karena ukurannya sesuai dengan bukaan mulut larva ikan. Kutu air (Moina sp.) merupakan jenis plankton yang penting sebagai pakan alami alternatif yang dapat menurunkan biaya produksi khususnya dalam pengadaan pakan buatan. Moina sp. juga mengandung protein cukup tinggi dan mudah dicerna dalam usus benih ikan. Kadar kandungan gizi pada Moina sp. berupa protein 37,38%, lemak 13,29%, kadar abu 11%, dengan kadar air sebanyak 90,6%. Pakan alami jenis kutu air ini dapat diberikan kepada larva lele selama enam minggu pertama dengan menerapkan metode ad libitum atau pakan yang selalu ada bagi larva tersebut.

Pakan alami lain yang juga sering digunakan sebagai pakan larva lele yaitu Artemia sp. Artemia sp. memiliki keunggulan yaitu mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Akan tetapi, Artemia sp. segar tidak dapat disimpan lama karena apabila tidak disimpan dalam bentuk beku dapat terjadi kebusukan. Cara lain yaitu dapat disimpan dalam bentuk awetan. Artemia sp. dalam kondisi beku dan awetan memiliki kandungan nutrisi yang juga berbeda. Artemia sp. beku mengandung protein sebanyak 56,29%, lemak sebanyak 9,28%, abu sebanyak 13,92%, dan serat kasar sebanyak 18,48%. Sementara itu, Artemia sp. dalam kondisi awetan mengandung protein sebanyak 55,38%, lemak sebanyak 4,42%, abu sebanyak 12,15%, dan serat kasar sebanyak 3,32%.

Alternatif lain yang juga dapat dijadikan solusi sebagai cara agar larva lele cepat besar yaitu dengan menggunakan cacing sutera (Tubifex sp.) sebagai pakan alami bagi larva. Hal ini karena pakan alami seperti Tubifex sp. sudah terkenal sebagai sebagai pakan awal yang sangat mendukung kualitas yang baik dari larva ikan. Cacing sutra (Tubifex sp.) merupakan salah satu jenis pakan alami yang kaya akan kandungan protein. Tubifex sp. merupakan pakan alami yang mayoritas disukai oleh ikan air tawar, termasuk ikan lele. Tubifex sp. sangat baik bagi pertumbuhan ikan air lele karena kandungan proteinnya tinggi dapat memacu performa dari tingkat pertumbuhan larva lele. Kandungan gizi Tubifex sp. yaitu 63,23% protein, 18,35% lemak, 2,04% karbohidrat.

Apabila dibandingkan dengan Daphnia sp., Moina sp., dan Artemia sp., Tubifex sp. menempati urutan pertama sebagai pakan alami dengan kandungan protein tertinggi. Protein dibutuhkan dalam dosis tinggi bagi larva karena protein memegang peran utama sebagai pendorong pertumbuhan bagi ikan. Akan tetapi, Tubifex sp. pada saat ini mulai sulit didapatkan di alam, oleh karena itu perlu dilakukan kultur untuk meningkatkan baik kuantitas maupun kualitas dari Tubifex sp. Banyak teknik yang dapat dilakukan dengan tujuan meningkatkan kuantitas maupun kualitas dari pakan alami tersebut, baik itu secara pemupukan maupun dengan pengkayaan menggunakan tepung ikan atau tepung lainnya. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kandungan nutrisi dari pakan alami seperti Daphnia sp., Moina sp., Artemia sp., dan Tubifex sp.

Baca Juga: Pemijahan Ikan Nila Jenis-Jenisnya

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Nila Modern Dengan Sistem RAS

Sistem RAS atau Recirulating Aquaculture System merupakan salah satu jenis teknologi yang mampu diaplikasikan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍