Wednesday , 12 December 2018

Langkah Langkah Pembesaran Ikan Lele

PAda artikel ini kami ingin membahas Langkah Langkah Pembesaran Ikan Lele. Pembesaran lele Sangkuriang ialah tahap pemeliharaan lele dari hasil pendederan untuk menciptakan ikan lele ukuran konsumsi. Intinya dari anakan hingga dapat dipanen. Pada tahap pembesaran ini, ada beberapa jenjang yang seharusnya diperhatikan. Selain itu kalau dirasa perlu dan memungkinkan, pada pelaksanaan pembesaran seharusnya disertai dengan pemberian pakan tambahan (pakan alternatif), untuk mempercepat pelaksanaan produksi.

 

Langkah Langkah Pembesaran Ikan Lele

 

Resiko Dalam Budidaya Lele

  • Persiapan kolam
    Bila kolam sudah pernah dipakai, sebelum dipergunakan, kolam sepatutnya dibersihkan dari lumpur dan segala kotoran yang menempel pada dinding kolam. Untuk membunuh bibit kuman dan penyakit yang menempel pada dinding dan dasar kolam sebaiknya dibersihkan dari hama dengan metode dikapur selama beberapa hari atau dikeringkan dengan menggunakan cahaya matahari. Apabila baru petama dipakai, untuk kolam terpal, maka terpal sepatutnya dicuci dahulu sampai bersih dari racun yang menempel karena terpal baru umumnya masih terdapat racun plastik dari pabrik.
  • Penebaran benih
    Penebaran benih dijalankan sesudah kondisi mutu air dalam kolam stabil. Penebaran dijalankan pada pagi atau sore hari saat suhu air dalam kondisi rendah dan lanjutkan dengan aklimatisasi suhu untuk menghindari benih ikan stress. Ukuran benih yang akan dibesarkan minimal 7-8 cm atau telah dapat memakan pelet. Padat penebaran benih dilakukan sesudah kondisi air dalam kolam stabil.
  • Pemeliharaan
    Pemberian pakan dikerjakan mulai hari kedua setelah penebaran, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah makanan yang tak termakan karena setelah penebaran ikan masih dalam kondisi stress. Pemberian pakan dikerjakan  dihentikan sekiranya ikan telah terlihat kenyang. Jumlah pakan yang mesti dihabiskan selama pemeliharaan tergantung pada target produksi yang akan dituju.
  • Pengontrolan
    Pengontrolan terhadap kondisi kolam, pengairan, ikan lele yang dipelihara dan keamanan lingkungan perlu dilaksanakan tiap hari. Periksa kecukupan oksigen pada kolam. Kecukupan oksigen akan benar-benar berimbas terhadap nafsu makan lele peliharaan. Situasi kesehatan ikan juga wajib selalu diperhatikan agar apabila ada yang nampak sakit dapat langsung ditangani baik dengan pencegahan ataupun pengobatan.
  • Panen
    Masa pemeliharaan lele sangkuriang di kolam pembesaran ini sekitar 2 hingga 2,5 bulan atau sesudah lele mencapai ukuran 8 hingga 10 ekor/kg. Pemanenan lele dikerjakan dengan sistem mengeringkan kolam secara perlahan-lahan. Saluran pemasukan air ditutup sedangkan saluran pengeluaran yang berlokasi di dasar kolam dibuka, dengan demikian permukaan air dalam kolam akan menurun secara perlahan-lahan dan ikan akan berenang menuju ke bagian kolam yang masih basah. Hal ini dikerjakan agar lele tak stress.

Sekian artike mengenai Langkah Langkah Pembesaran Ikan Lele.

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Sistem Polikultur

Dalam kesempatan ini kami ingin membahas Budidaya Ikan Sistem Polikultur. Pada awal perkembangannya, metode budidaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!