Monday , 16 September 2019

Kualitas Air Pada Ikan Lele No ratings yet.

Dalam artikel ini kami membahas Kualitas Air Pada Ikan Lele. Air mengandung oksigen dalam jumlah yang tertentu, tergantung dari kondisi air itu sendiri. Oksigen juga memegang peranan penting sebagai indikator mutu perairan, karena oksigen terlarut berperan dalam cara kerja oksidasi dan reduksi bahan organik dan anorganik dalam air. Selain itu, oksigen juga mempengaruhi kondisi biologis sebuah organisme aerobik atau anaerobik. Dalam kondisi aerobik, peranan oksigen ialah untuk mengoksidasi bahan organik dan anorganik dengan hasil berupa nutrien yang pada akhirnya dapat memberikan kesuburan pada lingkungan air.


Kualitas Air Pada Ikan Lele

Sebagaimana diketahui bahwa oksigen berperan sebagai pengoksidasi dan pereduksi bahan kimia beracun menjadi senyawa lain yang lebih simpel dan tak beracun. Disamping itu, oksigen juga amat diperlukan oleh mikroorganisme untuk pernapasan. Organisme tertentu, seperti mikroorganisme, amat berperan dalam menguraikan senyawa kimia beracun menjadi senyawa lain yang Iebih sederhana dan tak beracun.

Sebagian proses yang menyebabkan masuknya oksigen ke dalam air yakni:
Diffusi oksigen dari udara ke dalam air via permukannya, yang terjadi disebabkan adanya gerakan molekul-molekul udara yang tak berurutan dikarenakan terjadi benturan dengan molekul air sehingga O2 terikat di dalam air. Pengerjaan diffusi ini akan selalu terjadi bila pergerakan air yang sanggup mengguncang oksigen, sebab kandungan O2 di dalam udara jauh lebih banyak.

Di perairan biasa, prose masuknya oksigen ke dalam air terjadi bila air yang masuk sudah mengandung oksigen, jika itu selain dengan aliran air, mengakibatkan gerakan air yang sanggup menunjang terjadinya proses difusi oksigen dari udara ke dalam air.

Hujan yang jatuh, secara tidak langsung akan meningkatkan oksigen di dalam air, awalnya suhu air akan turun, sehingga kesanggupan air mengikat oksigen meningkat, selanjutnya maka volume air bertambah dari gerakan air yang pada akhirnya jatuhnya air hujan akan meningkatkan kadar oksigen di dalam air.

Kerja asimilasi tumbuhan. Tanaman air yang semua batangnya ada di dalam air pada waktu siang hari akan melaksanakan proses asimilasi, dan akan menambah oksigen di dalam air. Namun pada malam hari tanaman tersebut akan memakai oksigen yang ada di dalam air.

Semakin tinggi kandungan oksigen terlarut di dalam air maka akan membuat ikan merasa nyaman dan produksi dapat meningkat.

 

Sekian artikel mengenai Kualitas Air Pada Ikan Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!