Kolam Terpal Bentuk Bulat, Pembuatannya?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru kali ini mimin akan membahas tentang seperti apa Langkah membuat kolam terpal bentuk bulat. Usaha kolam terpal yaitu kolam ikan yang dibuat dengan memanfaatkan bahan terpal. Terpal diletakkan pada kolam untuk dijadikan alas sekaligus sebagai dinding kolam. Untuk penggunaan terpal dapat disesuaikan bentuk kolam atau dimodifikasi sesuai keinginan. Kolam terpal merupakan salah satu alternatif budidaya ikan karena kolam terpal ini mudah dibuat dan praktis serta bahan-bahan yang didapat. Penggunaan kolam terpal juga dilakukan untuk pembudidaya ikan pemula karena biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan kolam terpal ini tidak terlalu tinggi.

kolam terpal bulat

Ada dua jenis bentuk kolam terpal yang biasa digunakan untuk budidaya ikan yaitu bentuk persegi dan bulat. Dari kedua bentukĀ  kolam terpal tersebut bentuk yang paling efektif ialah bentuk kolam terpal bulat karena kolam berbentuk bulat akan mencegah terjadinya badan air yang mati setiap bagian kolam. Hal ini berbeda dengan dengan kolam terpal berbentuk persegi kemungkinan terjadinya badan air yang mati lebih tinggi terutama pada bagian sudut-sudut kolam. Selain itu sirkulasi air pada kolam terpal berbentuk bulat lebih baik dibandingkan kolam berbentuk persegi karena sirkulasi air yang baik yaitu membentuk perputaran arus yang merata di seluruh bagian kolam.

Kolam terpal berbentuk bulat cocok diterapkan atau digunakan pada semua budidaya ikan dikarenakan ikan akan lebih nyaman berenang pada kolam bulat yaitu karena perputaras arus yang baik dapat menyebabkan ikan berenang tanpa menabrak kolam hal ini kolam terpal berbentuk bulat tidak memiliki sudut kolam. Sehingga penggunaan kolam terpal berbentuk bulat dapat meminimalisasi tingkat kestressan ikan. Sirkulasi pada kolam terpal berbentuk bulat dibuat dari pompa sirkulasi air dengan ukuran 15-40 watt. Sumber air pada kolam terpal berbentuk bulat hanya mengalami sirkulasi tanpa pengendapan dan penyaringan sehingga perlu modifikasi dengan menambahkan media untuk pengendapan dan penyaringan pada kolam.

Berikut cara pembuatan kolam terpal berbentuk bulat:

Alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya

  • Terpal
  • Terpal talang
  • Besi wire-mesh (diameter minimal 7 mm, Panjang 5.4 mm, lebar 2.1)
  • Cat
  • Pipa PVC
  • Cable Ties
  • Gergaji besi
  • Las listrik

Langkah pembuatan kolam terpal berbentuk bulat diantaranya:

  • Pertama-tama yang dilakukan adalah memotong besi wire mesh menjadi dua  bagian yang sama Panjang
  • Setelah itu kedua besi wire mesh digabungkan menggunakan las hal ini dilakukan untuk  meningkatkan ukuran besi wire mesh menjadi dua kali lipat dari ukuran semula.
  • Ujung besi wire mesh disatukan dengan las sehingga membentuk bulat sebagai rangka kolam terpal berbentuk bulat
  • Dalam meletakkan kolam terpal yaitu dengan membuat lingkaran yang ukurannya sama dengan kerangka besi yang telah dibuat sebelumnya serta kontur tanah dibuat mengerucut pada bagian tengah.
  • Selanjutnya pembuatan lubang pembuangan pada bagian tengah kolam.
  • Pada bagian lingkaran tanah yang mengerucut diletakkan kerangka besi.
  • Kemudian kerangka telah dipasang maka dibagian sisi dalam kerangka besi dipasangkan karpet talang dan ikat dengan cable ties.
  • Setelah pembuatan saluran air pembuangan selesai selanjutnya memasang terpal pada semua bagian kerangka kolam hingga rapi.
  • Setelah selesai selanjutnya kolam telah siap di isi air dan jangan lupa tetap dilakukan pengontrolan kolam saat telah melakukan budidaya

Wah bagaimana sahabat sangkuti terkait artikel kolam terpal bulat ini semoga dapat membantu sahabat sangkuti. Salam sukses sahabat sangkuti!

Baca Juga: Pakan Cacing Sutra, Apa Saja Yang Digunakan?

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Bibit Ikan Gurame, Langkah Budidayanya?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍