Kolam Lele No ratings yet.

Dalam kegiatan budidaya lele, penggunaan atap kolam lele ini masih jarang dilakukan. Padahal penggunaan atap kolam tersebut dapat menjadi salah satu faktor dalam menunjang keberhasilan budidaya lele. Oleh karena itu, atap kolam lele yang salah dapat memberi pengaruh terhadap pertumbuhan ikan lele sehingga tidak akan optimal, apalagi bila kolam berada di ruangan yang tertutup. Bila dilihat dari segi paparan cahaya maka setidaknya dibutuhkan sekitar 70%. Oleh karena itu, pilihlah atap kolam yang berbentuk plastik. Atap tersebut lebih baik yang terbuat dari plastik ultraviolet yang miliki kelebihan dibandingkan dengan plastik lainnya termasuk dengan terpal yang tebal sekalipun. Bahan plastik uv lebih tahan lama, lebih kokoh, serta tak gampang robek maupun rusak.


kolam lele

Penggunaan plastik uv tak akan asing lagi terlebih bagi orang yang gemar bercocok tanam di dalam greenhouse. Plastik uv merupakan sebuah plastik khusus yang transparan atau tembus cahaya yang diterapkan sebagai bahan penutup atap. Pemakaian atap plastik uv tersebut untuk berfungsi untuk melindungi dari dampak cuaca yang ekstrim seperti panas matahari yang terlalu terik, badai, angin, hujan lebat dan sebagainya. Panas matahari yang berlebih pada air kolam dapat mempercepat terjadinya penguapan dan meningkatkan temperatur air kolam. Penguapan yang terlalu cepat bisa mengakibatkan pengurangan air secara drastis. Temperatur air yang tinggi juga bisa mengganggu metabolisme organisme air yang berguna sebagai pakan alami lele.

kolam lele

Kandungan dalam plastik ultraviolet, pada beberapa merk mempunyai kandungan beberapa zat antara lain : IR, AB, EVA, serta LD. Seluruh zat tersebut bermanfaat dalam mengoptimalkan penggunaan plastik uv sebagai atap kolam lele. Terdapat jenis plastik uv yakni 6%, 8%, 12% serta 14% dengan tingkat ketebalan sekitar 0.15 hingga 0.20 mm. Persentase tersebut menunjukan kandungan kimia. Semakin besar persentasenya maka semakin banyak pula kandungan kimianya. Selain itu juga ditandai dengan warnanya yang semakin gelap atau semakin tak tembus pandang. Artinya adalah semakin besar angka persentasenya, semakin banyak pula cahaya yang dipantulkan kembali ke atmosfer sehingga semakin sedikit cahaya yang diteruskan dan berlaku sebaliknya. Ketebalan juga dapat mempengaruhi kemampuan plastik uv dalam meneruskan cahaya.

Dalam hal kemampuan menahan cahaya matahari yang berlebih maka plastik uv berkadar 14% menjadi pilihan yang terbaik. Tipe ini mampu mengurangi cahaya paling besar dibanding lainnya namun tetap dapat meneruskan cahaya dengan optimal. Harganya yang murah, tahan lama dan pemasangan mudah, menyebabkan plastik uv banyak dipilih sebagai penutup atap. Intensitas cahaya matahari yang bisa diteruskan plastik uv ini hingga mencapai 80%. Hal ini sudah cukup untuk memenuhi keperluan dalam budidaya lele.

Demikian ulasan singkat mengenai atap kolam lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

cara memelihara indukan lele

Cara Memelihara Indukan Lele

Cara memelihara indukan lele berbeda dengan memelihara bibit lele. Oleh karena itu banyak pembudidaya lele …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!