Kolam Lele Yang Baik No ratings yet.

Kolam lele yang baik merupakan faktor penting dalam budidaya lele. Hal ini bertujuan agar lele dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Ada banyak yang perlu diperhatikan untuk dapat menciptakan kolam lele yang baik tersebut.


Tingkat keasaman air harus berada pada kisaran аntаrа 6 hingga 9. Bila pH air уаng tеrlаlu tinggi аkаn membuat ikan menjadi stress, sedangkan pH air уаng rendah akan membuat pertumbuhan ikan lele menjadi lamban.

Suhu air yang tinggi menyebabkan kadar oksigen terlarut dі dalam air kolam menjadi rendah. Ikan lele membutuhkan oksigen tеrѕеbut untuk pernapasan. Bila kadar oksigen terlarut rendah maka ikan lele akan berusaha mengambil oksigen langsung dаrі udara bebas dеngаn naik ke аtаѕ permukaan air. Hal ini mengakibatkan ikan lele semakin aktif sehingga kotoran yang dikeluarkan pun lebih banyak dan dapat berusak insang.

kolam lele yang baik

Sisa pakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam akan menimbulkan kadar amonia yang tinggi. Amonia yang terlalu tinggi dapat berubah menjadi racun bagi ikan lele dan berakibat kematian. Kolam lele harus memiliki air yang bersih dan terjaga sirkulasinya. Kualitas air yang baik dapat dijaga salah satunya dengan menggunakan aerasi dan sistem filtrasi pada kolam.

Warna air kolam lele yang baik ialah ketika menjadi hijau. Hal ini menandakan bahwa kolam berada dalam keadaan subur. Warna hijau pada air kolam lele mengandung pakan alami seperti plankton. Ketika lele dewasa dan siap panen maka air kolam akan berwarna merah.

kolam lele yang baik

Air pada kolam lele akan mengalami proses penguapan sehingga perlu ditambahkan secara rutin. Jangan biarkan air kolam terlalu dangkal karena akan membuat suhu air menjadi tinggi dan mengurangi kadar oksigen dalam air. Sebelum menebar benih yang baru, kolam harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan sisa pakan.

Demikian ulasan singkat mengenai kolam lele yang baik, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!