Panduan Lengkap Membuat Kolam Lele Terpal untuk Pemula

Budidaya lele telah menjadi salah satu usaha perikanan yang menjanjikan, terutama bagi mereka yang ingin memulai usaha dengan modal yang terbatas. Kolam terpal menjadi pilihan populer karena kemudahannya dalam pembuatan, biaya yang relatif murah, dan fleksibilitas lokasi. Artikel ini akan membimbing Anda melalui proses lengkap membuat kolam lele terpal, khususnya bagi pemula.

Panduan Lengkap Membuat Kolam Lele Terpal untuk Pemula
Panduan Lengkap Membuat Kolam Lele Terpal untuk Pemula

Persiapan Awal

A. Pemilihan Lokasi

Lokasi yang ideal untuk kolam terpal adalah area yang datar, memiliki akses mudah ke sumber air, dan terlindung dari sinar matahari langsung. Lokasi harus juga jauh dari sumber polusi untuk menjaga kualitas air tetap baik.

B. Pengukuran dan Pembelian Terpal

Ukuran kolam yang disarankan untuk pemula adalah 2×3 meter dengan kedalaman 1 meter, namun ini bisa disesuaikan sesuai dengan lahan yang tersedia. Pilih terpal yang khusus untuk kolam ikan, yang biasanya lebih tebal dan tahan lama terhadap gesekan serta perubahan cuaca.

Pembuatan Kolam Terpal

A. Langkah-langkah Pembuatan Kolam

  1. Pembersihan Area: Bersihkan area dari sampah, batu, dan tumbuhan.
  2. Penggalian Tanah: Ini opsional, tergantung pada desain kolam yang diinginkan.
  3. Pembuatan Rangka: Buat rangka dari bambu atau PVC untuk mendukung terpal.
  4. Pemasangan Terpal: Pasang terpal di atas rangka, pastikan tidak ada lipatan yang bisa menampung air.

B. Sistem Drainase dan Sirkulasi Air

Sistem drainase yang baik penting untuk memudahkan pergantian air dan menjaga kualitas air. Sistem sirkulasi air dapat dibuat dengan menggunakan pompa air dan aerator untuk menjaga oksigen terlarut.

Persiapan Kolam untuk Budidaya

A. Pengisian Air dan Penyesuaian pH

Isi kolam dengan air bersih dan biarkan selama 24 jam sebelum menyesuaikan pH air menjadi sekitar 7-8 yang ideal untuk lele.

B. Pengaturan Oksigen

Gunakan aerator untuk menyediakan oksigen yang cukup untuk ikan lele. Oksigen terlarut yang optimal adalah sekitar 5 mg/L.

Pengelolaan Kolam

A. Pemberian Pakan

Pakan yang ideal adalah pelet yang khusus dirancang untuk lele, diberikan 2-3 kali sehari dengan dosis sesuai rekomendasi produsen.

B. Pencegahan dan Penanganan Penyakit

Pengelolaan kualitas air yang baik dan isolasi ikan yang sakit adalah kunci utama dalam pencegahan penyakit.

Panen

Lele siap panen biasanya dalam waktu 3-4 bulan, tergantung pada ukuran yang diinginkan dan kondisi pertumbuhan. Gunakan jaring untuk memanen ikan dari kolam.

Penutup

Memulai budidaya lele di kolam terpal merupakan langkah awal yang baik untuk menjadi peternak ikan yang sukses. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membangun kolam terpal yang efisien dengan hasil yang maksimal. Untuk Anda yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam budidaya lele, Sangkuti Farm menyediakan pelatihan budidaya lele yang komprehensif. Dengan pelatihan ini, Anda akan dipandu dari dasar hingga menjadi peternak lele yang profesional.

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Cacing Sutra Pakan Ikan, Deskripsinya?

Halo sahabat sangkuti Kembali bersama mimin yang akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍