Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Lele

Dalam artikel ini kami ingin membahas Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Lele. Saat ini penyakit furunculosis yang disebabkan kuman aeromonas salmonicida diatasi melalui pengobatan dengan menggunakan antibiotik. Antibiotik yang digunakan untuk aeromonas salmonicida adalah ampicillin. Penggunaan antibiotik ternyata dapat menimbulkan efek samping bagi patogen itu sendiri maupun kepada ikan yang dipelihara. Pemberian antibiotik secara terus menerus dalam jangka panjang dapat menyebabkan organisme patogen menjadi resisten, sehingga pemakaian antimikroba menjadi tak tepat sasaran. Selain itu, residu dari antibiotik tersebut dapat mencemari lingkungan perairan yang mengakibatkan mutu air menjadi menurun.

Tanaman belimbing wuluh sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Adapun kandungan bahan kimia alami dari buah belimbing wuluh yang dikenal mempunyai efek antibakteri yakni flavonoid dan fenol. Senyawa aktif flavonoid di dalam sari buah belimbing wuluh mempunyai kemampuan menyusun kompleks dengan protein sel bakteri melalui ikatan hidrogen. Struktur dinding sel dan membran sitoplasma bakteri yang mengandung protein, menjadi tak stabil karena struktur protein sel bakteri menjadi rusak karena adanya ikatan hidrogen dengan flavonoid, sehingga protein sel kuman menjadi kehilangan aktivitas biologinya, sehingga fungsi permeabilitas sel bakteri terganggu dan akan mengalami lisis yang berdampak pada kematian sel bakteri.

Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Lele

Pertumbuhan sel bakteri dapat terganggu oleh bagian fenol dari sari buah belimbing wuluh, yakni dengan cara mendenaturasi protein sel bakteri. Dampak terdenaturasinya protein sel bakteri, maka segala aktivitas metabolisme sel bakteri akan terhenti, karena semua aktivitas metabolisme sel bakteri dikatalisis oleh enzim yang berupa protein. Fenol juga bisa menyebabkan kerusakan dinding sel. Fenol berikatan dengan protein melalui ikatan hidrogen, sehingga mengakibatkan struktur protein menjadi rusak. Beberapa besar struktur dinding sel dan membran sitoplasma bakteri mengandung protein dan lemak.

Berdasarkan hasil penelitian yang dihasilkan telah terjadi perbedaan dalam hal pertumbuhan bakteri, sebab adanya perbedaan konsentrasi. Cara kerja zat antibakteri dalam menghambat bakteri dipengaruhi oleh konsentrasi zat antibakteri tersebut. Sari buah belimbing wuluh diduga efektif bila dipakai sebagai obat, sebab pada konsentrasi kecil mampu untuk menghambat bakteri aeromonas salmonicida. Terapi obat yang bermanfaat yaitu dengan pemberian konsentrasi yang cukup dan tidak berlebihan sebagai syarat utama.

Sekian artikel mengenaiĀ Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Lele.

Smoga bermanfaat šŸ™‚

Nilai Kualitas Konten

About mugi nugroho

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Bibit Ikan Gurame, Langkah Budidayanya?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍