Keunggulan Lele Mutiara

Dalam artikel ini kami ingin membahas keunggulan lele mutiara. Dihasilkan dari perkawinan silang antara ikan lele mesir, phyton, sangkuriang dan dumbo yang diseleksi selama 3 generasi dalam dari segi pertumbuhan. Lele jenis baru ini diharapkan akan lebih meningkatkan produsi dari jenis ikan air tawar. Lele mutiara merupakan lele yang lebih unggul dari lele jenis terdahulu seperti lele dumbo, phyton dan sangkuriang. Ikan lele mutiara ini dilepaskan ke masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 77/KEPMEN-KP/2015. Surat tersebut sebagai bukti bahwa lele mutiara sebagai jenis lele yang diakui dan diuji oleh pemerintah. Lele Mutiara memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat dan lele jenis ini akan menggantikan ikan lele yang sebelumnya.

Keunggulan Lele Mutiara

keunggulan lele mutiara

Ikan LELE MUTIARA mempunyai daya tahan terhadap serangan penyakit yang relatif tinggi dan masa pemeliharaan yang sangat singkat. Ikan lele unggul berkualitas tinggi ini dapat dipanen pada usia 40-50 hari sesudah tebar benih. Laju pertumbuhan lele mutiara juga tinggi jika diperbandingkan dengan jenis lele lain.

  • Laju pertumbuhan tinggi: 10-40% lebih tinggi ketimbang benih-benih lain.
  • Rasio konversi pakan (FCR = Feed Conversion Ratio) relatif rendah: 0,6-0,8 pada pendederan dan 0,8-1,0 pada pembesaran.
  • Daya tahan kepada penyakit relatif tinggi (SR = Survival Rate) pendederan benih berkisar 60-70% dalam kondisi terkena infeksi kuman Aeromonas hydrophila (tanpa antibiotik).
  • Produktivitas relatif tinggi: produktivitas pada pembesaran 20-70% lebih tinggi ketimbang benih-benih lain.

Jenis lele mutiara merupakan penggabungan berbagai keunggulan masing-masing jenis ikan lele dimana pada tahap permulaan dihasilkan melalui persilangan diantara empat jenis lele seperti ikan lele mesir, sangkuriang, dumbo dan phyton. Karena keunggulan masing-masing jenis lele tak sama, oleh karena itu jumlah masing-masing induk yang dipakai dalam proses persilangan tersebut dibuat tidak sama.

Jenis lele Mutiara memang belum banyak diketahui dibandingkan jenis lele lain yang sudah ada sebelumnya, tapi sosialisasi oleh petugas di lapangan dengan memberikan gambaran yang baru seputar kualitas lele jenis ini diharapkan dengan sendiri nya para pembudidaya lele akan mengaplikasikannya. Perlu pengalaman lebih bagi para pembudidaya untuk mengembangkan lele jenis ini, mengingat para pembudidaya cenderung mengikuti yang lainnya. Jika ada salah satu pembudidaya ikan lele mutiara yang sukses maka pembudidaya lele yang lainnya akan mengikuti.

Sekian artikel mengenai keunggulan lele mutiara

Smoga bermanfaat 🙂

Nilai Kualitas Konten

About mugi nugroho

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Lele Kolam Terpal Apa saja?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍