Keunggulan Kolam Terpal Dalam Budidaya Lele No ratings yet.

Ada banyak hal yang membuat para pembudidaya ikan lele memakai terpal di dalam kolam pemeliharaan ikan. Alasan tersebut berguna ketika ingin memutuskan jenis kolam yang akan digunakan dalam budidaya. Ada berbagai keunggulan kolam terpal dalam budidaya lele.


keunggulan kolam terpal dalam budidaya lele

Kolam Terpal Bisa Diterapkan Pada Tempat Yang Sulit Air
Air ialah faktor penting dalam budiaya ikan lele. Ada beberapa wilayah atau tempat di Indonesia yang masih memiliki masalah dalam pasokan air. Hal ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi pemilik kolam ikan. Kebanyakan pembudidaya ikan yang berada di pesisir pantai atau tempat yang mempunyai tanah porous, akan menggunakan lapisan terpal pada kolam untuk menahan agar air tidak cepat hilang.

Temperatur Air Di Dalam Kolam Terpal Lebih Stabil
Kolam ikan yang menggunakan terpal akan menjaga adanya fluktuasi suhu kolam yang sering kali berubah-ubah. Perubahan musim ialah salah satu hal yang menyebabkan adanya fluktuasi temperatur di dalam kolam. Ini nantinya akan membuat masalah bagi ikan. Kolam ikan yang menggunakan terpal akan lebih terkontrol dan aman.

Kolam Tidak Mudah Bau
Ketika terpal digunakan sebagai dasar pada kolam tanah maka terpal tersebut akan mengurangi bau yang tak sedap dari penguapan tanah. Hal ini akan mencegah agar daging ikan tidak bau lumpur.

Panen Ikan Lebih Mudah
Umumnya para pembudidaya ikan lele di kolam terpal tak membuat kolam yang berukuran besar dan luas jadi akan memudahkan ketika proses panen jika dibandingkan jenis kolam lainnya.

Kolam Lebih Mudah Dikontrol
Kolam terpal akan lebih mudah dibersihkan dan pengeringan juga akan lebih cepat. Sebab ini merupakan proses penting yang harus dijalankan oleh pembudidaya ikan agar kolam tersbut tetap terjaga kebersihannya. Kolam budidaya yang jarang dibersihkan dan dikeringkan akan menyebarkan banyak benih penyakit. Kolam yang rutin dibersihkan tentunya akan memutus beraneka rantai benih penyakit. Kolam terpal cuma membutuhkan 1 atau 2 hari saja dalam proses pengeringan kolam.

Padat Tebar Benih Ikan Lebih Tinggi
Seluruh sisa kotoran yang menumpuk akan berada pada dasar kolam akan lebih mudah dibersihkan. Pembersihan bisa memakai metode shift pond atau istilah umum untuk penyedotan kolam. Oleh karena itu, akan membikin ruang gerak ikan menjadi lebih banyak.

Jarang Dijumpai Hama atau Penyakit
Sisa pakan dan kotoran ikan yang menumpuk merupakan sumber penyakit. Ketika sering dibersihkan maka risiko lele terserang penyakit menjadi rendah.

Kelangsungan Hidup Ikan Lebih Tinggi
Dengan segala keunggulan yang dimiliki maka akan membuat kualitas hidup akan semakin baik sehingga pertumbuhan juga cepat. Hal ini akan membuat panen menjadi berlimpah.

Keunggulan kolam terpal dalam budidaya lele

Demikian ulasan singkat mengenai keunggulan kolam terpal dalam budidaya lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!