Kelebihan Budidaya Lele di Kolam Tanah No ratings yet.

Salah satu Kelebihan Budidaya Lele di Kolam Tanah yaitu karena tanah dengan mikroorganisme yang ada dalam batas-batas tertentu sanggup mendaur ulang bahan organik sehingga tak menjadi ammonia dan tentunya tak dibutuhkan treatment air sebagaimana jika budidaya itu diterapkan di kolam terpal.


Kelebihan Budidaya Lele di Kolam Tanah

Prasyarat Tanah : mampu menahan massa air dan tak bocor.
Bentuk kolam : Persegi empat dengan kemiringan 35% dan kalau memungkinkan dilengkapi dengan pintu air.

  • Penebaran Benih

Seperti biasa pilih benih yang unggul dan berkualitas serta sehat
Lakukan aklimatisasi (upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi ke lingkungan baru yang akan dimasukinya) dengan memasukkan benih beserta kantong plastiknya sekitar 30 menit 1 jam. Setelah itu benih dapat ditebar. Padat tebar : air statis : 200 ekor/m2 seandainya ada aliran air (kecil) kepadatan dapat ditambah hingga 300-400 ekor/m2. Ketinggian air ditambah seiring dengan pertumbuhan lele.

  • Pemakaian Jaring dan Sortasi

Pemakaian jaring kotak ukuran kecil di sisi kolam tanah disarankan untuk penebaran benih. Ini untuk mempermudah pemberian pakan dan proses sortasi. Seandainya lele telah cukup kuat dan kekuatan jelajahnya telah jauh, jaring bisa diangkat dan benih ditebar di kolam. Cara sortir tak perlu dijalankan lagi di kolam tanah apalagi kolamnya luas (makan waktu).

  • Pemberian Pakan

Pakan : beri pakan yang bermutu 3-4 kali sehari untuk bibit hingga sangkal. 2 x sehari untuk lele remaja – panen (pagi dan sore/sore) 3% secara berjenjang turun ke 2,5% dari bobot massa lele. Pemberian pakan 80% dari kekuatan kekenyangan lele. Hindari overfeeding atau pakan alternatif yang bisa merusak mutu air.

  • Sumber Air

Apabila sumber air berasal dari sungai kecil/saluran irigasi, cara penggantian air secara berkala dapat dipakai. Apabila kolam tanah yang mempunyai sumber mata air sendiri yang umumnya posisinya rendah dimana kita tidak dapat memanfaatkan gaya gravitasi, karenanya proses pengeringan tentu tidak dapat dilakukan. Pemakaian jaring kecil untuk benih dan jaring lebar untuk pembesaran dapat dilakukan.

 

Sekian artikel Kelebihan Budidaya Lele di Kolam Tanah

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!