Kapasitas Kolam Lele No ratings yet.

Bagi tiap pembudidaya ikan lele telah mempunyai angka perhitungan sendiri perihal perbandingan kuantitas bibit yang ditebar dengan ukuran kolam. Untuk para peternak ikan lele yang sudah berpengalaman, maka akan mudah memilih metode apa yang paling tepat dan paling efisien dalam menentukan kapasitas kolam lele sehingga para pembudidaya tersebut mampu membuahkan keuntungan yang paling maksimal.


Hal yang menarik di dalam menghitung kapasitas kolam lele, ternyata ketika kita menerapkan menebar bibit ikan dalam jumlah yang banyak, dengan ukuran kolam yang besar serta jumlah kolam yang banyak, maka keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Hal ini karena pengeluaran biaya akan semakin efisien.

kapasitas kolam lele

Ketika kita ingin melakukan padat tebar maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

Seperti halnya manusia, ikan lele pun butuh cukup oksigen untuk dapat bertahan hidup dengan baik. Ukuran benih lele yang kecil sudah pasti mampu mendapatkan oksigen di air kolam. Tetapi saat ikan semakin tumbuh besar dan dalam jumlah yang banyak di dalam suatu kolam maka sudah pasti kebutuhan oksigen juga akan semakin bertambah. Dalam memenuhi kebutuhan oksigen tersebut, pembudidaya dapat melakukan penggantian air sebanyak 30 % secara berkala tergantug dengan kondisi ikan.

Kondisi cuaca juga perlu diperhatikan karena ketika cuaca ekstrim dapat menyebabkan gagal panen. Pembudidaya dapat mengurangi jumlah padat tebar di dalam kolam pada saat musim kemarau panjang atau musim hujan.

Jumlah ikan di dalam kolam mampu memengaruhi pertumbuhan ikan. Semakin banyak jumlah ikan di dalam kolam, maka kompetisi untuk mendapatkan makanan juga akan menjadi tinggi. Oleh karena itu pemberian pakan harus disesuaikan dengan jumlah kepadatan ikan. Pada saat ikan lele kekurangan pakan maka akan memicu kanibalisme.

kapasitas kolam lele

Kolam yang terlalu padat dapat memicu serangan penyakit akibat amoniak dari kotoran ikan. Semakin banyak jumlah ikan di dalam kolam maka kotoran yang dihasilkan juga akan bertambah. Tubuh ikan yang saling bergesekan akibat terlalu padat akan menimbulkan luka terbuka yang mudah terjadi infeksi.

Demikian pembahasan singkat mengenai kapasitas kolam lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

teknik nano bubble dalam budidaya ikan

Teknik Nano Bubble Dalam Budidaya Ikan

Teknik nano bubble dalam budidaya ikan diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan ikan hingga 40 persen dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!