Jenis Hama Benih Lele No ratings yet.

Salah satu jenis hama benih lele ialah ucrit yang merupakan larva dari Cybister atau kumbang air. Bentuk tubuhnya memanjang seperti ulat, berwarna kehijauan, dan mempunyai panjang sekitar 3­5 cm. Hewan yang kerap kali menjadi mangsa adalah benih ikan ukuran 1 hingga 3 cm. Pada awalnya ikan ditangkap kemudian dilumpuhkan dengan ujung ekor yang bercabang dua dan tajam. Imbas tikaman ekornya tersebut mampu membuat benih ikan menjadi tak berdaya. Benih ikan akan dimakan sedikit demi sedikit dengan cara digigit. Ucrit atau kumbang air memang susah untuk dibasmi di kolam namun upaya penanggulangan harus dijalankan.


jenis hama benih lele

Adapun cara yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan alat tangkap berupa seser. Seser cukup efektif sebab bila dengan tangan akan sulit dilakukan karena hewan ini dapat dengan mudah meloloskan diri malah dan juga menggigit tangan. Lalu dapat juga menggunakan bahan kimia sebagai langkah terakhir bila membasmi dengan cara biasa sulit dilakukan. Bahan yang digunakan berupa minyak tanah. Banyak pembudidaya yang melakukanya dengan cara menyemprotkan minyak tanah ke permukaan air kolam. Pertimbangannya karena sifat minyak tanah yang mengapung di air sehingga ucrit tidak bisa mengambil oksigen dari udara bebas dan akhirnya akan mati. Penerapan minyak tanah tidak membahayakan pada ikan sebab biasanya ikan ada di dalam air. Tetapi untuk penerapan minyak tanah pada ikan lele tidak tepat sebab ikan lele sering kali naik ke permukaan kolam. Setelah ucrit mati, berikan air baru ke dalam kolam dan buka pembuangan air sehingga ucrit yang mati ikut terbuang bersama minyak tanahnya.

Pencegahan

  • Gunakan sistem filter atau saringan air pada kolam
  • Hindari penebaran benih ikan pada kolam yang sudah digenangi air lebih dari satu pekan
  • Kolam jangan terlalu padat
  • Gunakan sumber air yang bersih

Notonecta
Ukuran badan notonecta persis seperti butiran beras dan seluruh bagian bawah tubuhnya berwarna putih. Hewan ini membunuh mangsanya dengan alat penusuk yang sekaligus berfungsi sebagai alat penghisap cairan tubuh ikan yang diserang. Sasarannya ialah larva dan benih ikan ukuran 1 hingga 2cm serta telur-telur yang akan menetas. Akibat tusukan hewan ini menyebabkan telur gampang terinfeksi jamur Achlya dan Saprolegnia. Seekor notonecta mampu membunuh 10 ekor benih ikan cuma dalam waktu kurang dari 12 jam.

jenis hama benih lele

Pencegahan
Pemasangan filter atau saringan pada saluran air dan dianjurkan untuk melakukan penetasan telur ikan secara terkontrol di dalam kolam yang bersih.

Demikian ulasan singkat mengenai jenis hama benih lele, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin belajar budidaya lele secara cepat dan baik, segera kunjungi pelatihan budidaya lele Abah Nasrudin.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

teknik nano bubble dalam budidaya ikan

Teknik Nano Bubble Dalam Budidaya Ikan

Teknik nano bubble dalam budidaya ikan diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan ikan hingga 40 persen dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!