Indukan Gurame Padang, Kenali

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin tentunya akan memberikan pengetahuan baru khususnya di seputar perikanan, kali ini mimin akan membahas mengenai indukan gurame padang. Ikan gurami merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang cukup populer di Indonesia. Secara alami ikan gurami hidup diperairan payau dan ditemukan di rawa, danau, dan waduk. Pada umumnya ikan gurami tumbuh dan berkembang biak disuhu 24-28 °C. jika lingkungan bersuhu dibawah 15 °C maka pertumbuhan dan proses berkembang biak akan terhambat.

Mengenal Indukan gurame padang sangat penting dalam dunia perikanan hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam proses pemeliharaan. Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang cukup populer di Indonesia. Secara alami ikan gurame hidup diperairan payau dan ditemukan di rawa, danau, dan waduk. Pada umumnya ikan gurame tumbuh dan berkembang biak disuhu 24-28 °C. jika lingkungan bersuhu dibawah 15 °C maka pertumbuhan dan proses berkembang biak akan terhambat.

Berikut beberapa fakta ikan gurame:

  • Ikan gurame memiliki alat pernapasan tambahan berbentuk labirin berfungsi dalam bertahan hidup pada kondisi perairan yang minim.
  • Ikan gurame sering dijuluki sebagai ikan yang malas, akan tetapi ikan gurame tetap bergerak dengan cepat jika ada benda yang berbahaya atau sebagai mengsanya.
  • Ikan gurame termasuk kedalam hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, tetapi saat larva gurame lebih menyukai pakan alami yaitu cacing sutra, rotifer, dan infusaria. Ikan gurame yang sudah dewasa biasanya memakan tumbuhan-tumbuhan air.
  • Ikan gurame biasanya akan menghasilkan telur sepanjang musim kemarau, tetapi gurame yang dibudidayakan dapat bertelur sepanjang tahun sehingga tidak bergantung pada musim.
  • Pada saat ikan gurame akan bertelur memiliki kebiasaan membuat sarang sendiri dari ijuk atau rumput dan telur tersebut biasanya disembunyikan diantara tanaman. Saat proses bertelur selesai biasanya induk jantan akan pergi dan sarang sudah berisi kemudian dijaga induk betina.
indukan gurame padang

Ikan gurame padang memiliki julukan sebagai ikan emas air tawar, kisaran harga dari ikan gurame padang ini Rp. 300.000 per kilonya. Harga yang cukup tinggi karena ikan gurame padang terkenal memiliki rasa daging yang sangat gurih sehingga potensi dalam pengembangan ikan gurame padang menjadi sebuah penawaran yang menjanjikan. Ikan gurame padang banyak ditemukan di sungai kota padang. Selain itu ikan gurame padang dikoleksi sebagai ikan hias karena memiliki warna yang indah yaitu warna merah. Terkait perawatan ikan gurame padang sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis ikan gurame lainnya yang biasa dibudidayakan dan ikan gurame padang juga tahan terhadap serangan penyakit dari lingkungan luar. Ikan gurame padang termasuk kedalam hewan omnivore yaitu dapat memakan apa saja. Namun, pada umumnya pembudidaya ikan gurame padang memberikan pakan kombinasi pelet dengan daun talas. Manfaat pemberian daun talas ini yaitu menjaga warna merah pada gurame padang.

Indukan gurame padang yang sudah matang gonad nantinya siap untuk ditebarkan di kolam pemijahan. Kolam pemijahan ikan merupakan kolam khusus yang ukuran minimumnya 20 m2 dan maksimumnya 1.000 m2, dengan kedalaman kolam 1 sampai 1,5 m. kolam pemijahan sebaiknya dibangun dekat dengan kolam induk. Hal ini dapat mempermudah proses pemindahan induk dan kolam pemijahan tidak boleh banyak mengandung banyak lumpur. Saat pemijahan dilakukan biasanya perbandingan indukan jantan dan betina yaitu 1:3. Penebaran induk di kolam pemijahan dapat dilakukan secara berpasangan (sesuai perbandingan) atau secara komunal (satu kolam di isi beberapa pasangan). Lama pemijahan ikan gurame padang akan berlangsung selama satu minggu. Pemijahan yang berhasil yaitu dilihat dari permukaan air banya minyak dan tercium bau amis. Ikan gurame padang untuk satu induk betina dapat menghasilkan 5.000-7.000 telur.

Cara membedakan indukan gurame padang jantan dengan gurame padang betina yaitu:

Ikan gurame padang jantan

  • Ukuran tubuh lebih besar
  • Memiliki kepala jenong atau tidak rata
  • Memiliki mulut yang mancung
  • Bibir bagian bawah lebih tebal
  • Dagu agak menebal

Ikan gurame padang betina

  • Memiliki kepala yang tidak jenong atau rata
  • Memiliki mulut yang tidak begitu mancung
  •  Memiliki dagu yang  tidak begitu tebal
  • Sisik tubuh agak membuka dan perut bundar

Wah bagaimana  sahabat sangkuti terkait artikel ini semoga bermanfaat sahabat sangkuti. Salam sukses sahabat sangkuti!

Baca Juga: Cara Memilih Indukan Gurame, Perhatikan

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Budidaya Ikan Nila Modern Dengan Sistem RAS

Sistem RAS atau Recirulating Aquaculture System merupakan salah satu jenis teknologi yang mampu diaplikasikan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍