Harga Bibit Ikan Lele, Kisaran?

Halo sahabat sangkuti Kembali lagi bersama mimin yang tentunya akan memberikan pengetahuan baru, kali ini mimin akan membahas berapa kisaran harga bibit ikan lele?. Yuk kita bahas bersama sahabat sangkuti. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan lele sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk Kesehatan manusia. Ikan lele memiliki nama latin clarias dan ikan lele termasuk kedalam hewan nocturnal. Hewan nocturnal merupakan hewan yang aktif dimalam hari atau beraktivitas pada malam hari. Keunikan yang dimiliki ikan lele yaitu ikan lele memiliki alat pernapasan tambahan atau insang tambahan. Alat tambahan tersebut digunakan untuk mengambil oksigen pada saat bernapas diluar air. Hal ini membuat ikan lele terkenal dapat beradaptasi dan mampu hidup dilingkungan perairan dengan kadar oksigen yang rendah. Beberapa kelebihan dari ikan lele diantaranya memiliki kemampuan dalam percepatan tumbuh yang tinggi, kemampuan beradaptasi dilingkungan yang buruk tinggi, memiliki nilai gizi yang tinggi, dan rasa daging yang gurih atau lezat setelah di olah.

harga bibit ikan lele

Bibit ikan lele merupakan komoditas yang sangat dibutuhkan untuk memulai usaha budidaya ikan lele. Sehingga bagi pembudidaya diperlukan cara untuk memilih bagaimana bibit ikan lele yang memiliki kualitas unggul, berikut merupakan Langkah yang perlu dilakukan diantaranya:

  • Asal pengambilan bibit ikan lele

Bibit yang memiliki kualitas terjamin biasanya berasal langsung dari tempat pembibitan yang memiliki indukan dengan kualitas unggul. Hal ini biasanya berbanding lurus jika kualitas indukan baik atau unggul maka akan menghasilkan bibit ikan lele yang berkualitas baik atau unggul.

  • Pergerakan bibit ikan lele

Bibit ikan lele yang dalam keadaan sehat biasanya memiliki pergerakan yang gesit dan lincah. Sehingga ciri tersebut dapat dijadikan pertimbangan sebagai bibit ikan lele untuk dibudidayakan. Dalam mengecek pergerakan bibit ikan lele lincah atau tidak yaitu dengan memiringkan wadah kemudian di isi bibit ikan lele dan memperhatikan pergerakan berenangnya melawan arus atau tidak. Apabila bibit ikan lele melawan arus maka bibit ikan lele memiliki pergerakan yang lincah dan termasuk kedalam bibit yang unggul.

  • Pengecekan kondisi fisik dan bentuk fisik dari bibit ikan lele

Bibit ikan lele yang baik memiliki kondisi fisik dan bentuk fisik yang tidak cacat atau  dalam keadaan lengkap. Selain itu pengecekan kondisi fisik dan bentuk fisik melihat keseimbangan tubuh dari bibit ikan lele. Kondisi fisik yang baik untuk bibit ikan lele yaitu dilihat dari warna dan kemulusan tubuh. Biasanya bibit ikan lele yang baik memiliki warna cokelat tua atau hitam kemerahan serta memiliki tekstur kulit yang cerah dan mengkilap.

Berikut merupakan kisaran harga dan ukuran bibit ikan lele dipasaran:

  • 2-3 cm : Rp 100- Rp 160 per ekor
  • 4-5 cm : Rp 200 per ekor
  • 5-6 cm : Rp 250 per ekor
  • 6-7 cm : Rp 300 per ekor
  • 7-8 cm : Rp 350 per ekor
  • 8-9 cm : Rp 390 per ekor
  • 9-10 cm : Rp 450 per ekor
  • 10-11 cm : Rp 550 per ekor
  • 13-14 cm : Rp 1000 per ekor

Wah bagaimana sahabat sangkuti terkait artikel harga bibit ikan lele ini. Tentunya sangat menarik bukan sahabat sangkuti. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga: BIbit Ikan Gurame, Langkah Budidayanya?

Nilai Kualitas Konten

About raniaudona

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Panduan Lengkap: Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal untuk Pemula

I. Pendahuluan Budidaya ikan koi telah menjadi salah satu hobi yang populer dan mengasyikkan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Chat Kami
1
Terima kasih 😀🙏🏻

Silahkan diskusikan kepada kami tentang budidaya ikan, kolam terpal dan perlengkapan perikanan budidaya lainnya. Kami siap membantu anda 😊😊

Oh iya, Kami hari ini sedang ada promo pelatihan budidaya online hanya 100ribuan berisi 60 video tutorial. 👍