Habitat Lele No ratings yet.

Kali ini kami ingin mengulas tentang Habitat Lele. Habitat lele banyak ditemukan di perairan air tawar, di dataran rendah sampai sedikit payau. Untuk perairan sedikit payau, banyak warga daerah pantai utara Jawa, seperti di Kendal, Jawa Tengah, memanfaatkan bekas tambak untuk pembesaran lele dumbo. Di alam, ikan lele hidup di sungai-sungai yang arusnya mengalir secara perlahan atau lambat, danau, waduk, telaga, rawa, serta genangan air tawar lainnya, seperti kolam. Karena lebih suka perairan yang tenang, tepian dangkal, dan terlindung, ikan lele mempunyai kebiasaan membuat atau menempati lubang-lubang di tepi sungai atau kolam.


Lele jarang menunjukkan aktivitasnya pada siang hari dan lebih menyukai tempat yang gelap, agak dalam, dan sejuk. Hal ini bisa dimengerti karena lele adalah binatang nokturnal, yakni memiliki kecenderungan aktif dan mencari makan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele memilih berdiam diri atau berlindung di tempat-tempat yang gelap. Namun, pada kolam pemeliharaan, khususnya budidaya secara intensif, lele bisa dibiasakan diberi pakan pelet pada pagi atau siang hari meskipun nafsu makannya konsisten lebih tinggi bila diberikan pada malam hari.

Habitat Lele

Ikan lele relatif tahan terhadap keadaan lingkungan yang mutu airnya jelek. Pada kondisi kolam dengan padat penebaran yang tinggi dan kandungan oksigennya sangat minim bahkan, lele masih bisa bertahan hidup. Namun, pertumbuhan dan perkembangan ikan lele akan lebih cepat dan sehat seandainya dipelihara dalam media yang sumber airnya cukup bersih, seperti air sungai, mata air, saluran irigasi maupun air sumur.

Lele memiliki kebiasaan makan di dasar perairan atau kolam (bottom feeder). Menurut jenis makanannya, lele digolongkan sebagai ikan yang bersifat karnivora (pemakan daging). Di habitat aslinya, lele makan cacing, siput air, belatung, laron, jentik-jentik serangga, kutu air, dan larva serangga air. Karena bersifat karnivora, pakan tambahan yang baik untuk lele yakni yang banyak mengandung protein hewani. Jika pakan yang diberikan banyak mengandung protein nabati, pertumbuhannya lambat. Lele bersifat kanibal, yaitu sifat suka memangsa jenisnya sendiri. Jika kekurangan pakan, lele tak segan-segan memangsa sesama ikan lele yang berukuran lebih kecil. Oleh karena itu jangan sampai terlambat memberi makan.

Sekian artikel mengenai Habitat Lele

Smoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Penyakit Virus Pada Ikan Lele

Channel Catfish Virus Disease (CCVD) merupakan penyakit ikan lele yang disebabkan oleh virus herpes. Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!