Gambar Ikan Lele Terlengkap

GAMBAR IKAN LELE. Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tak mengherankan pula jika lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatra Barat), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan \\\\\\\\’keli\\\\\\\\’ untuk lele yang tak berpatil meski disebut \\\\\\\\’penang\\\\\\\\’ untuk yang mempunyai patil (Kalimantan Timur).


gambar ikan lele

Di negara lain diketahui dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), gura magura (Srilangka), dan 鲇形目 (Tiongkok). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti ‘lincah’, ‘kuat’, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air

gambar ikan lele


Ikan-ikan marga Clarias dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di komponen atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang berlokasi di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang sangat berkhasiat untuk bergerak di air yang gelap.

gambar ikan lele

Lele juga mempunyai alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, adalah duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ada yang mengatakan,bahwa patil ini tak hanya tajam tapi juga berbisa dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil hal yang demikian.

gambar ikan lele


Lele tak pernah ditemukan di air payau atau air asin, selain lele laut yang tergolong ke dalam marga dan suku yang berbeda (Ariidae). Habitatnya di sungai dengan arus air yang pelan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Pun ikan lele dapat hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got dan selokan pembuangan.

gambar ikan lele

Ikan lele bersifat nokturnal, adalah aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di daerah-daerah gelap. Di alam, ikan lele memijah pada musim penghujan. Walaupun umumnya lele lebih kecil ketimbang gurami umumnya,tapi ada beberapa variasi lele yang dapat mencapai panjang 1-1,5 m dan beratnya dapat mencapai lebih dari 2 kg,semisal lele Wels dari Amerika

Berikut kumpulan gambar ikan lele, smoga bermanfaat.

Baca juga : tips budidaya lele

BANNER FREE MEMBER

Nilai Kualitas Konten

About sangkutifarm

CEK JUGA ARTIKEL INI :

Sambal Pecel Lele Yang Enak dan Lezat

Nikmati hidangan dengan lebih lahap dan menggugah selera dengan resep sambal pecel lele. Di kalangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!